Keracunan Oncom, Polisi Cianjur Amankan Barang Bukti Tumbukan Oncom Tercampur Nasi

Jawa Barat —Jumat, 5 Feb 2021 19:19
    Bagikan:  
Keracunan Oncom, Polisi Cianjur Amankan Barang Bukti Tumbukan Oncom Tercampur Nasi
asat Reskrim Polres Cianjur, AKP Anton. (foto:nuki)
POSKOTAJABAR,CIANJUR
Polisi amankan barang bukti tumbukan oncom tercampur nasi yang diduga penyebab meninggalnya seorang ibu dan anak di Kampung Tugu Sari, Kelurahan Sayang, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur. Oncom tersebut nantinya akan diuji lab oleh tim kesehatan. 

"Kita sudah amankan barang bukti oncom tersebut. Nanti akan diuji laboratorium oleh pihak Dinas Kesehatan Cianjur untuk memastikan kadar racun yang terkandung di dalamnya," ujar Kasat Reskrim Polres Cianjur, AKP Anton, Jumat (05/02/2021). 

Ia menjelaskan untuk dugaan sementara penyebab meninggalnya seorang ibu dan anak tersebut diakibatkan oleh keracunan oncom. 

"Dugaan sementara keracunan oncom. Tapi kita masih menyelidiki apakah ini kelalaian karena oncom tersebut sempat disimpan selama dua hari atau memang terdapat racun berbahaya dari oncom," katanya. 


Sementara, Kepala Seksi Survailans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur Asep Helmi, mengatakan, hari ini pihaknya akan langsung mengirim semple tersebut ke Labkesda Jawa Barat. 

Namun untuk proses pengujian sendiri bisa membutuhkan waktu selama satu minggu sampai hasilnya keluar dan dipastikan bakteri atau bahan berbahaya apa yang terkandung di dalam oncom tersebut.

"Kami langsung kirim ke Labkesda jabar untuk diuji, namun prosesnya satu minggu supaya bisa memastikan zat berbahaya apa yang ada di dalam makanan tersebut," pungkasnya. 

Diberitakan sebelumnya, satu keluarga mengalami keracunan usai mengkonsumsi oncom di Kampung Tugu Sari, Kelurahan Sayang, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Kamis (4/2/2021). Akibatnya dua orang yang bernama Aidah (46) dan Neng Fuji (20) dinyatakan meninggal dunia usai mengkonsumsi oncom tersebut. (Nuki)





Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait