Kota Bandung Ikut Kebijakan Gubernur Jabar Soal Weekend Dirumah Saja, Ini Penjelasan Oded M. Danial

Jawa Barat —Jumat, 5 Feb 2021 21:59
    Bagikan:  
  Kota Bandung Ikut Kebijakan Gubernur Jabar Soal Weekend Dirumah Saja, Ini Penjelasan  Oded M. Danial
Wali Kota Bandung Oded M Danial tengah mengikuti rapat terbatas (ratas) virtual satuan tugas Covid-19 (Forkopimda) melalui video conference terkait evaluasi PPKM di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalam K

POSKOTAJABAR, BANDUNG

Walikota Bandung Oded M Danial mengatakan, soal weekend pada 6 dan 7 Febaruari 2021 "Dirumah Saja" menunggu arahan Gubernur Jawa Barat (Jabar), tidak terkecuali soal Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

"Yang pertama kita, karena PSBB ini dari pusatnya belum ada kebijakan baru. Kita kan, menunggu nih. Kemungkinan hari Senin, lah. Mereka akan masuk, maka kita posisinya sekarang ini menunggu," katanya usai rapat terbatas (ratas) virtual satuan tugas Covid-19 (Forkopimda) melalui video conference terkait evaluasi PPKM di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalam Kaum, Jumat (5/2/2021).

"Nah, yang kedua, barusan ada informasi baru dari pak Sekda, bahwa ternyata pak Gubernur, sudah statement di Online. Katanya, bahwa akan apa namanya, membuat kebijakan, aktivitas dirumah saja kepada semua warga di tanggal 6 tanggal 7," tambahnya.

Terhadap kebijakan tersebut, jelas Oded, pada dasarnya Pemkot Bandung menunggu.

"Kalau itu, betul-betul menjadi kebijakan pak Gubernur. Kita ikut aja. Apapun kebijakan pemerintah pusat dan pak Gubernur, perwakilan pemerintah pusat, kita ikuti saja," ungkapnya.

BACA JUGA : Kantor Kades Disegel, Ketua BPD Pangandaran , "Aksi Warga Bermula dari Rapat Pembahasan LPJ"


alaupun demikian, terang Oded, untuk urusan PSBB atau PPKM, semua hal-hal yang sudah diatur dalam Peraturan Walikota (Perwal) No.3/2021 tetap harus dilakukan.

"Kita laksanakan itu dengan konsisten," terangnya.

Sebagaimana diketahui, Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat jadi pembicara di Forum Dialog Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) bertema  ‘Prokes Dijalankan, Covid-19 Kita Kalahkan’ mengatakan siap melaksanakan kebijakan akhir pekan di rumah saja pada 6 dan 7 Februari 2021.

Ridwan Kamil menyebut Jawa Barat sebagai salah satu daerah yang ditunjuk Presiden Joko Widodo untuk menerapkan PPKM, tentunya harus ikut kebijakan "weekend di rumah saja".

"Jadi kelebihan PPKM ini kebijakannya sama, kalau Jawa Tengah di rumah saja weekend, itu artinya itu arahan sama dari pemerintah pusat untuk Banten, DKI, Jabar, Jateng, Jatim, dan Bali melakukan hal yang sama," katanya.


BACA JUGA : Polisi Berhasil Meringkus Pembunuh Tukang Kelapa, Motifnya Cinta Segitiga

 

Ridwan Kamil menilai kebijakan PPKM selama dua pekan pertama justru efektif diterapkan di Jabar, terlihat dari masyarakat yang makin disiplin protokol kesehatan, yang berimplikasi pada penurunan jumlah kasus sehingga beban rumah sakit menjadi lebih ringan.

Jadi yang betul adalah PPKM ini berhasil meningkatkan kedisiplinan dari 50 persen ke 80 persen, menurunkan ruang isolasi berarti yang sakit makin tidak banyak dari sempat 80 ke 69 persen, kemudian kalau kasus aktif masih debatable karena kami mendapati kasus kami cenderung datar dan turun," pungkasnya. (Aris)


BACA JUGA :Inilah Penuturan Damai Kami Sepanjang Hari Soal Nama yang Unik dan Dianggap Aneh 


Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait