Pemkot Dukung e-Tilang, Kota Bandung Pasang di Sembilan Ruas Jalan

Jawa Barat —Sabtu, 6 Feb 2021 09:12
    Bagikan:  
Pemkot Dukung e-Tilang,  Kota Bandung  Pasang di  Sembilan Ruas Jalan
Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana. (Foto: Ist)

POSKOTAJABAR, BANDUNG.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mendukung penerapan sistem tilang elektronik (e-Tilang) kepada pengendara kendaraan bermotor yang melanggar lalu lintas, sebagaimana digongkan Kapolri Jenderal Pol Drs Listyo Sigit Prabowo.

Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana mengatakan sistem e-Tilang juga layak diterapkan bagi pelanggar lalu lintas di Kota Bandung, dengan harapan dapat mengubah perilaku pengendara, agar mereka lebih patuh berlalu lintas.

"Juga kita berharap dampaknya akan mengurangi kemacetan. Kan orang enggak akan berani lagi untuk berhenti sembarangan, parkir sembarangan, dan lain-lain," ujarnya kepada wartawan di Balai Kota, Jumat (05/02/2021).

Menurutnya, saat ini penerapan e-Tilang tengah dilakukan jajaran kepolisian. Rencana awal ada kurang lebih sembilan ruas jalan di Kota Bandung yang akan dipasang perangkat e-Tilang.

Kesembilan ruas jalan yang akan dipasang e_tialng tersebut adalah  Jln. Pasteur, Jln. Surapati, Jln. Ir. H. Juanda, Jln. Asia Afrika, Jln. Pelajar Pejuang, Jln. Pasir Koja, Jln. Buah Batu, Jln, Ahmad Yani dan Simpang Lima.

"Pada prinsipnya, kita siap membantu mengintegrasikan CCTV yang ada. Karena, CCTV ini harus bisa memotret plat nomor kendaraan dengan jelas. Selebihnya, itu domainnya pihak kepolisian, dan kita siap membantu dengan kesiapan infrastrukturnya," ucapnya.

BACA JUGA: Tujuh Jenis Klaster Covid-19 Muncul di Indramayu, Masyarakat Harus Waspada



Perlu diketahui, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mencanangkan program 100 hari kerja pertamanya sebagai pucuk pimpinan Korps Bhayangkara dengan mengandalkan tilang elektronik.

Tujuannya, agar polisi lalu lintas tidak tidak perlu lagi melakukan tilang di lapangan.


BACA JUGA: Ridwan Kamil, "Masyarakat Disiplin Prokes, Produktivitas Ekonomi tidak akan Dibatasi Lagi"


Rencana Kapolri itu langsung direspon oleh Kakorlantas Polri Irjen Pol. Drs. Istiono, M.H., dengan membentuk Satgas Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Nasional.

Satgas ini akan menyiapkan fasilitas untuk memasang ETLE secara nasional di jalan raya. (Aris)


BACA JUGA: Kota Bandung Ikut Kebijakan Gubernur Jabar Soal Weekend Dirumah Saja, Ini Penjelasan Oded M. Danial

Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait