Mengenal Beberapa Alat Musik dan Bagaimana Cara Memainkannya

Gaya Hidup —Sabtu, 6 Feb 2021 12:46
    Bagikan:  
Mengenal Beberapa Alat Musik dan Bagaimana Cara Memainkannya
(foto:pinterest)

POSKOTAJABAR, BANDUNG.

Mendengarkan musik memang sangatlah menyenang, terlebih musik yang mewakili suasana hati saat ini. Alunan nada dan lirik yang tepat bisa membuatmu terhanyut dalam kenikmatan musik. Terlebih, jika lagu yang kamu dengarkan relevan dengan suasana hatimu saat itu.

Tentunya lagu tidak hanya dibuat oleh pencipta lagu dan penyanyi saja. Ada sejumlah pemain musik yang juga turut andil dalam penggarapan lagu. Berkat kombinasi lirik dan musik tersebut, terciptalah lagu yang indah dan hits.

 

 BACA JUGA : 8 Cara Mudah dan Cepat Bermain Gitar Untuk Pemula

 

Para pemain musik mengisi berbagai aransemen dengan memainkan sejumlah instrumen. Berikut POSKOTAJABAR mengajak kamu semua untuk mengenal alat-alat musik yang dimainkan para musisi dalam mengisi instrumen lagu mereka.

 

Gitar

Salah satu instrument favorit bagi para musisi adalah gitar. Gitar adalah alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara dipetik. Umumnya, gitar dipetik dengan menggunakan jari atau alat yang biasa disebut pick.

Alat musik tersebut terbentuk dari bagian tubuh dan bagian leher sebagai tempat senar. Dalam gitar, umumnya ada enam senar yang didempetkan.

Secara umum, ada dua jenis gitar, yakni akustik dan elektrik. Mayoritas pemain gitar menggunakan pick saat bermain gitar alasannya karena nyaman dan suara lebih nyaring.

Adapun musisi kenamaan yang tidak menggunakan pick saat bermain gitar adalah Jeff Beck dan Mark Knopfler dari Dire Straits.

 

 BACA JUGA : Download Lagu MP3 Klasik Rock 70-80-90, dari Bon Jovi, Queen, Led Zeppelin hingga Nirvana

 

 

Gitar Bass

Bass atau yang biasa disebut second hand ini sepintas bentuk bass mirip dengan gitar. Namun, rupanya keduanya memiliki perbedaan.

Alat musik tersebut memang terlihat mirip dengan gitar listrik, tapi dengan ukuran tubuh yang lebih besar, leher yang lebih banjang dan biasanya memiliki empat senar atau bisa ditambah menjadi 5 senar bahkan lebih.

Salah satu pemain bass kenamaan yang mungkin kamu tau adalah Billy Sheehan dari Mr. Big.  Gitar bass nya mempunyai 2 jack bass dan kala dia bermain live,  dia menggunakan bor listrik untuk dapatkan sound yang dia inginkan.

 

BACA JUGA : Stairway To Heaven, Lagu dari Led Zeppelin dengan Solo Gitar Terbaik Sepanjang Masa


Drum

Drum merupakan alat musik pukul. Bila dikelompokan, drum termasuk alat musik perkusi. Untuk memainkannya, drum umumnya dipukul dengan menggunakan stik atau tangan.

Bagian dari set drum antara lain bass drum, snare drum, tomtom, cymbal, hardware dan double pedal. Set drum bisa ditambah lebih bahkan dikurangi.

Beberapa drummer top dengan set drum banyak adalah Mike Mangini, Nicko McBrain dan Mike Portnoy. Sementara drummer terkenal yang mempunyai set sederhana yaitu Travis Becker, Lars Ulrich, Steve West dll.

 

Keyboard

Salah satu instrument favorit selanjutnya adalah keyboard. Keyboard sama halnya seperti piano, namun lebih beragam dalam pilihan penggunaan soundnya.

Alat musik ini dimainkan dengan cara ditekan mempunyai chord-chord yang hampir sama dengan gitar. Beberapa pemain keyboard kenamaan seperti Steve Walsh dari Kansas bahkan menumpuk keyboardnya menjadi 2 bagian dan bermain enerjik bersama selama tampil live. (dwa)

Editor: Dikki
    Bagikan:  


Berita Terkait