Gak Ribet, Berikut Ini Cara Ambil Antrean Paspor Online Lewat Aplikasi

Jawa Barat —Sabtu, 6 Feb 2021 15:31
    Bagikan:  
Gak Ribet, Berikut Ini Cara Ambil Antrean Paspor Online Lewat Aplikasi
Ilustrasi. (foto:unsplash)

POSKOTAJABAR, BANDUNG.

Pandemi Covid-19 memaksa kita untuk selalu membatasi kegiatan termasuk dalam berlibur. Selama masa pandemi Covid-19, imigrasi masih membuka untuk melayani pembuatan maupun pergantian paspor. Namun ada ketentuan-ketentuan yang harus traveler perhatikan.

Dilansir dari instagram resmi ditjen_imigrasi, imigrasi akan melayani pelayanan paspor untuk masyarakat dengan protokol kesehatan, di antaranya, permohonan paspor baru, penggantian paspor karena habis masa berlaku, penggantian paspor karena rusak, penggantian paspor karena hilang dan penggantian paspor pengubahan data.

 

BACA JUGA : Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong Panggil 36 Pemain, Termasuk Dua Penjaga Gawang Muda Persib Bandung

 

Untuk pemohon paspor baru dan penggantian paspor karena habis masa berlaku wajib mendaftar melalui Aplikasi yang tersedia di Layanan Paspor Online yang terdapat di PlayStore untuk Android atau Appstore untuk Apple.

Sementara pemohon paspor hilang dan rusak bisa langsung datang ke kantor imigrasi dengan kuota yang cukup dibatasi. Untuk Kuota pemohon pendaftaran antrean paspor online pun dibatasi 50% dan dibuka setiap hari Jumat pukul 14.00 waktu setempat.

 

BACA JUGA : Mengakui Teledor Dalam Postingan FB, Maman Damiri Guru SD Minta Maaf kepada PWI Cimahi dan Jawa Barat

 

Adapun cara mengambil antrea paspor secara online, berikut POSKOTAJABAR telah rangkum caranya sebagai berikut:

 

  1. Download aplikasi Aplikasi Pendaftaran Antrean Permohonan Paspor atau Apapo versi 2.0 yang terbaru.
  2. Registrasi dengan klik tombol google atau facebook
  3. Isi form data diri. Jika mengalami masalah dalam pengisian form, misalnya NIK tidak sesuai, maka silakan isi tanggal lahir sesuai dengan NIK. Contoh: jika NIK 640206-120597-0002 maka kamu harus isi dengan tanggal lahir 12 Mei 1997.


Lalu, jika nomor handphone ternyata telah digunakan, kamu tinggal mengisi dengan nomor yang belum didaftarkan sebelumnya.

 

BACA JUGA : Susul Egy Main di Eropa, Bagus Kahfi Resmi Gabung FC Utrecht, Ucapan Selamat Datang dari Marc Klok dan Irfan Bachdim

 

  1. Pilih menu 'Antrean Paspor'
  2. Aktifkan fitur GPS pada ponsel, lalu pilih kantor imigrasi tujuan.
  3. Pilih jumlah pemohon, tanggal dan jam kedatangan.
  4. Cek data, masukan data pemohon kedua (jika ada) lalu simpan
  5. Terakhir, simpan bukti antrian berupa QRCode untuk ditujukan kepada petugas.

 

Lalu, jika kamu salah memilih jenis antrean seperti permohonan paspor baru, tapi sebetulnya ingin melakukan pergantian paspor maka janaan dibatalkan. Agar nantinya kamu tak lagi harus menunggu selama 30 hari untuk mendaftar ulang.

Kamu datang ke kantor imigrasi untuk mengurus paspor juga harus memperhatikan protokol kesehatan, di antaranya memakai masker, mencuci tangan, melalui pemeriksaan suhu tubuh, menjaga jarak dan tentunya mematuhi aturan yang berlaku di kantor imigrasi. (dwa)

Editor: Dikki
    Bagikan:  


Berita Terkait