Ilham Hamdani Pelajar di Pangandaran Ciptakan Varian Minuman Teh Bunga Telang

Gaya Hidup —Minggu, 7 Feb 2021 07:27
    Bagikan:  
Ilham Hamdani Pelajar di Pangandaran  Ciptakan Varian Minuman Teh Bunga Telang
Pelajar SMA Negeri 1 Parigi Ilham Hamdani saat berada di kebun teh bunga telang (foto: ist)
POSKOTAJABAR, PANGANDARAN. 
Salah seorang pelajar yang masih duduk dibangku kelas XII SMA Negeri 1 Parigi, Ilham Hamdani (18) warga Dusun Bojongsalawe, Desa Karangjaladri, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat itu berhasil menciptakan minuman varian rasa dari bahan baku teh bunga telang.

Ilham mengatakan, semula almarhum ayahnya Dedi Kurniadi menanam teh bunga telang dipekarangan rumah berukuran 15 meter x 20 meter di tahun 2019.

"Awalnya almarhum ayah hanya menjual teh bunga telang kering dalam kemasan 10 gram dengan harga Rp.10.000 hingga Rp.15.000," ujar Ilham kepada POSKOTAJABAR, Sabtu (06/02/2021).

Setelah itu, sambung dia, dirinya mulai menekuni inovasi tersebut sejak tahun 2020 dengan modal Rp.20.000 pada saat mengikuti salahsatu bazar di sekolahnya.

"Event bazar SMAN 1 Parigi dijadikan momentum percobaan dengan membuat minuman rasa varian dari bahan teh bunga telang," katanya.

Menurut dia, modal Rp.20.000 pada event bazar akhirnya mendapat keuntungan Rp.800.000, dari situlah dia memiliki niat mengembangkan potensi bisnisnya.

"Saya berpikir kalau uang Rp.800.000 tidak dijadikan modal usaha satu hari pun bisa habis, akhirnya saya alokasikan untuk membeli peralatan," tuturnya.

Peralatan yang pertama dibeli, sambung Ilham, antara lain tokuy (Etalase,red) tempat berjualan dan meja tempat konsumen menikmati hidangan minuman.

"Varian rasa yang saya produksi diantaranya susu jely bunga telang seharga Rp.10.000, susu oreo bunga telang seharga Rp.8000, susu bunga telang Rp.7000 dan teh bunga telang original seharga Rp.5000," ucapnya.


BACA JUGA : Beberapa Tips Mudah Merawat Helm Agar Tetap Nyaman Saat Digunakan


Ilham mengaku, dengan modal senilai Rp.800.000 tersebut setelah ditekuni akhirnya menjadi keuntungan senilai Rp.1.700.000.

"Setelah menjalani usaha dan merasakan keuntungan yang begitu cepat saya mengatur waktu berjualan dan jadwal sekolah," jelasnya.

Ilham tidak menyangka jika dari uang Rp.1.700.000 itu pun terus berkembang hingga terkumpul keuntungan menjadi Rp.3.500.000.

"Konsumen penikmat varian minuman dari teh bunga telang dari mulai kalangan siswa/siswi sekolah dan kelompok komunitas," sebut Ilham.

BACA JUGA: Genose Alat Pendeteksi Covid-19 Mulai Digunakan, Berikut Syarat dan Harga Tes
 

Bahkan, lanjut dia,  rumah tempat dia berjualan minuman teh bunga telang kini sering dijadikan sebagai tempat pertemuan kelompok komunitas dan menggelar acara internal seperti ulang tahun dan rapat internal kelompok komunitas tersebut.

"Setelah saya rasakan perkembangan bisnis minuman semakin diminati konsumen akhirnya saya buat tempat ini dengan nama Angkringan Telang," tutupnya. (dry)

Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait