Musim Hujan Petani Harus Waspada Hama Wereng dan Tikus

Jawa Barat —Minggu, 7 Feb 2021 15:31
    Bagikan:  
Musim Hujan Petani Harus Waspada Hama Wereng dan Tikus
Petani membasmi hama tikus dengan pengasapan belerang. (foto: Ist.)

POSKOTAJABAR, INDRAMAYU.

Petani diminta mewaspadai perkembangan hama wereng batang coklat (WBC) dan tikus pada musim penghujan ini.  Imbauan itu disampaikan Petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT), Orin Hadi Saputra SP BPP Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.  

Dijumpai Minggu (07/02/2021) Orin Hadi Saputra mengemukakan, curah hujan yang turun di wilayah Kabupaten Indramayu akhir-akhir ini cukup  tinggi. Oleh sebab itu  petani harus mendeteksi sedini mungkin perkembangan hama, terutama  penggerek batang karena bisa mengancam pertumbuhan tanaman padi.

“Saat ini perlu diwaspadai perkembangan hama WBC dan tikus. Petani harus selalu memantau kondisi tanaman padinya jangan sampai lepas dari pantauan karena cuaca seperti ini hama dapat berkembang,” jelasnya.

BACA JUGA :  Gasak Setengah Kilogram Sarang Burung Walet, Tiga Pencuri di Indramayu Ditangkap


Ketua Gapoktan Sri Rejeki Desa Karanganyar, Kecamatan Kandanghaur H. Pahrur mengemukakan, petani Indramayu  yang memiliki areal pertanian di daerah perbatasan Kabupaten Subang perlu lebih waspada. Sebab daerah itu sudah banyak tanaman padi yang terserang. Petani harus mengamati perkembangan hama WBC dan tikus.

“Pengamatan harus lebih intensif,  terutama pada beberapa varietas padi yang rentan terkena serangan hama wereng batang coklat (WBC). Jika populasinya sudah di atas 20 ekor per rumpun segera lakukan tindakan pengendalian dengan insektisida,” ujarnya.


BACA JUGA : 8 Cara Paling Sederhana Menghilangkan Stres

 

Penyuluh Pertanian Maelrina  menambahkan, untuk pengendalian keong mas dengan mengambil keong mas dan telurnya di areal persawahan secara gotong-royong dengan menggunakan pestisida nabati.  “Jadi tidak usah khawatir ketika keong mas masuk sawah, Poktan bersama petani harus  bersama-sama  mengendalikan keong mas,” ujarnya. (Yan)


BACA JUGA : Beberapa Tips Mudah Merawat Helm Agar Tetap Nyaman Saat Digunakan

Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait