Sungai Citarum Meluap, Desa Karangligar Kabupaten Karawang Kembali Dilanda Banjir

Jawa Barat —Minggu, 7 Feb 2021 18:50
    Bagikan:  
Sungai Citarum Meluap, Desa Karangligar Kabupaten Karawang Kembali Dilanda Banjir
Desa langganan banjir, Karangligar sudah terrendam bajir akibat meluapnya Sungai Citarum. (foto:asl)

POSKOTAJABAR, KARAWANG.
Penyebab banjir di Perumahan Bumi Mutiara Indah (BMI) 1 dan 2 Kecamatan Cikampek, serta Perumahan Ragensi Purwasari ternyata akibat tidak tertampungnya air di Situ Kamojing.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Karawang, Yasin Nasrudin mengatakan, kondisi Situ Kamojing sudah tidak kuat untuk menahan air, sehingga pintu air di kawasan tersebut dibuka untuk dialirkan ke Sungai Cikaranggelam.

Akibatnya, wilayah yang dialiri oleh sungai yang berhulu di Situ Kamojing mengalami banjir yang cukup parah seperti di Perumahaan Bumi Mutiara Indah (BMI) 1 dan 2 Kecamatan Cikampek, serta Perumahan Ragensi Purwasari.
Selain Situ Kamojing, peningkatan debit air juga terjadi di Sungai Citarum dan Cibeet. Dari status ketinggian permukaan air terus meningkat.

BACA JUGA : Jalan Lama Penghubung Haurwangi- Rajamandala Dua Kali Dilanda Longsor


Sungai Citarum saat ini telah memasuki 'Siaga' dari sebelumnya bestatus 'Siap'. Sementara dari berstatus Aman, Sungai Cibeet telah memasuki status 'Siap'.

"Yang terbaru dari wilayah ini, wilayah Desa Karangligar telah banjir," katanya, Minggu (07/02/2021).

Selain itu, Yasin menyebutkan, pihaknya telah mengimbau kepada seluruh camat untuk waspada terhadap banjir. Kemudian Satgas BPBD, TNI-Polri, Tagana Karawang dan relawan kebencanaan telah dikerahkan untuk membantu proses evakuasi.(asl)


BACA JUGA : Beberapa Tips Mudah Merawat Helm Agar Tetap Nyaman Saat Digunakan

Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait