Karawang Dilanda Banjir, Prajurit Yonif PR 305/TKR Terjun Evakuasi Warga

Jawa Barat —Minggu, 7 Feb 2021 21:39
    Bagikan:  
Karawang Dilanda Banjir, Prajurit Yonif PR 305/TKR Terjun Evakuasi Warga
Para prajurit PR 305/TKR tengah melakukan penyelamatan seorang balita yang terjebak banjir di Karawang. (PPM)

POSKOTAJABAR, KARAWANG.

Beberapa wilayah di Kabupaten Karawang mengalami banjir, yang diakibatkan meluapnya Sungai Citarum menyusul hujan yang mengguyur sepanjang hari Minggu (07/02/2021). Tiga daerah di tiga kecamatan yang terdampak banjir itu adalah Perumahan Bumi Mutiara Indah (BMI) Dawuan di Kecamatan Cikampek, Perum Griya Regency di Kecamatan Purwasari, dan Desa Karangligar di Kecamatan Teluk Jambe Timur. Hal ini membuat Danyonif PR 305/TKR, Mayor Inf Fajar Akhirudin, S.I.P., M.Si, terjun langsung dan memerintahkan para prajuritnya untuk melakukan pertolongan dan evakuasi bagi mereka yang terdampak banjir.

Ketinggian banjir mencapai pundak orang dewasa. Bahkan, ada rumah yang nyaris pintu rumahnya tertutup air. Sehingga banyak penduduk yang harus diungsikan dari rumah masing-masing. Banyak rumah yang terendam banjir dan penghuninya harus mengungsi ke tempat lain. Yang rumahnya bertingkat ada yang mengungsi ke lantai atas. Tetapi tidak sedikit yang terpaksa harus naik ke genteng rumahnya.

BACA JUGA:  Sungai Citarum Meluap, Desa Karangligar Kabupaten Karawang Kembali Dilanda Banjir

Dalam rangka penanggulangan bencana banjir di Wilayah Karawang, prajurit Yonif PR 305/Tengkorak bergerak cepat melakukan pertolongan dan evakuasi para korban banjir itu. 

Danyonif PR 305/TKR, Mayor Inf Fajar Akhirudin, S.I.P., M.Si, memerintahkan prajuritnya sejumlah 36 org yang terbagi menjadi 3 regu untuk segera bergerak menuju tiga titik lokasi banjir. Sebagian ada yang Perum BMI Cikampek, sebagian ke Perum Griya Regency Purwasari, dan satu regu lagi ke Desa Karangligar Kecamatan Teluk Jambe Timur.

Setibanya di lokasi banjir tanpa ragu para prajurit langsung bertindak melaksanakan evakuasi warga yang terjebak banjir, walau harus berjuang di dalam genangan air yang cukup tinggi. Evajuasi pun berlangsung dramatis. Bahkan, saat prajurit garus mengevakuasi seorang balita dari rumah melalui genteng. Juga saat seorang ibu yang harus dipangku naik ke perahu karet. 


Seorang ibu terpaksa dievakuasi melalui genteng rumahnya oleh para prajurit Yonif PR/305 TKR, setelah rumahnya terendam banjir di Karawang. (PPM) 


BACA JUGA:  Banjir Rendam Ribuan Rumah di Karawang, Ketinggian Air Capai Dada Orang Dewasa

Semua dilakukan pasukan Yonif PR/305 TKR dalam rangka tugas kemanusiaan sesuai dengan sapta marga prajurit. Hebatnya, mereka melakukan misi pertolongan dan penyelamatan itu dengan tetap disiplin melakukan protokol kesehatan. (nang's/sumber PPM)

Editor: Setiawan
    Bagikan:  


Berita Terkait