Ditresnarkoba Polda Jabar Ungkap Kosmetik Ilegal di Padalarang Kabupaten Bandung Barat

Kriminal —Senin, 8 Feb 2021 12:38
    Bagikan:  
Ditresnarkoba Polda Jabar Ungkap Kosmetik Ilegal di Padalarang Kabupaten Bandung Barat
Polisi perlihatkan barang bukti kosmetik ilegal di Mapolda Jabar. Senin (08/02/2021)> (foto:le)

POSKOTAJABAR, BANDUNG.

Direktorat Reserse Narkoba Polda Jawa Barat bongkar home industri kosmetik pemutih wajah illegal di kawasan Padalarang Kabupaten Bandung Barat. Senin (08/02/2021).

Direktur Reserse Narkoba Polda Jawa Barat ,Kombes Pol Rudy Ahmad Sudrajat,S.Ik,MH mengatakan, produksi kosmetik illegal itu beroperasi kurang lebih selama 2 tahun. Dari kasus tersebut, polisi mengamankan inisial YS.

"Produksinya kurang lebih selama 2 tahun dan di jual di toko dan pasar pasar kebanyakan di wilayah padalarang,"katanya.

Rudy menjelaskan, satu paket pemutih kosmetik ilegal di bandrol seharga Rp.35 ribu. Dari hasil penjualan tersebut, pelaku memiliki omzet sekitar Rp.55 juta perbulan.

Modusnya, menurut Rudy, pelaku dengan membeli bahan baku dari wilayah Jakarta. bahan baku tersebut dicampur dengan pewarna makanan yang di aduk secara manual.

"Proses pencampuran bahan baku itu dilakukan secara manual. setelah jadi, bahan tersebut dikemas ke wadah kosmetik, lengkap dengan merek dan juga label hologram warna emas," jelas Rudy.

BACA JUGA : Pemuda Asal Lampung Nekat Meloncat ke Laut di Pelabuhan Merak, Gagal Jadi Polisi



Dalam pengungkapan tersebut, polisi berhasil mengamankan barang bukti mulai dari satu tong krim berwarna putih, satu galon berisi cairan, tiga buah pewarna, dan alat produksi lainnya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku dijerat Pasal 197 Jo Pasal 196 UU Nomor 36 Tahun 2009 dan atau Pasal 62 Tahun 1997 tentang psikotropika dengan ancaman 15 tahun penjara. (Le)


BACA JUGA : Bandar Togel di Batukaras Kabupaten Pangandaran Diamankan Polisi

 


Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait