Petinju yang Pernah Kalahkan Muhammad Ali, Leon Spink Meninggal Dunia

Jawa Barat —Senin, 8 Feb 2021 16:01
    Bagikan:  
Petinju yang Pernah Kalahkan Muhammad Ali, Leon Spink Meninggal Dunia
Leon Spinks. foto othboxing

POSKOTAJABAR, BANDUNG

Warga  Amerika Serikat (AS) berkabung selama dua hari  Sabtu dan Minggu (6-7 / 2/2021 untuk mengenang kepergian  petinju kelas berat dunia dan peraih medali OlimpiadeLeon Spink. 


Spink meninggal dunia di usia 67 tahun, ia dikabarkan selama ini melawan kanker prostat serta penyakit lainnya. Spink meninggal pada Jumat (4/2/2021) malam kemarin, di Las Vegas.

Dalam karir bertinjunya,  Spinks  juga pernah pecundangi petinju legendaris  Muhammad Ali  dalam pertarungan 15 ronde dan kemudian merebut gelar juara dunia.

BACA JUGA : Mengakui Teledor Dalam Postingan FB, Maman Damiri Guru SD Minta Maaf kepada PWI Cimahi dan Jawa Barat

“Yang pasti, momentum itu merupakan sesuatu yang sangat luar biasa. Apalagi saat itu  Ali  memutuskan untuk bertanya ( Spinks ). Namun,  Spink  ucapan penantang kelas atas. Tak setara jika dihadapkan dengan  Ali . Tapi, apa yang terjadi,  Spink  bisa menemukan jalan untuk menang, ”kata promotor dunia tinju Bob Arum.

BACA JUGA : Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong Panggil 36 Pemain, Termasuk Dua Penjaga Gawang Muda Persib Bandung

Namun ketika dipertemukan lagi dalam pertarungan ulang melawan  Ali  di  New  OrleansSpink  kalah  KO  di ketiga. Ia kemudian memperebutkan gelar hanya sekali setelah itu. Spink  kembali dikalahkan oleh  Larry Holmes  di tahun  1981 .

Catatan bertinjunya,  Spinks  terus menerus sampai pertengahan  1990-an  dengan catatan  26-17-3. Sedang untuk karier amatirnya,  Spinks  meraih medali emas di kelas berat ringan pada  Olimpiade Montreal  di tahun  1976 . Pada partai final, ia mengalahkan petinju  Kuba, Sixto Soria.

BACA JUGA : Mengakui Teledor Dalam Postingan FB, Maman Damiri Guru SD Minta Maaf kepada PWI Cimahi dan Jawa Barat

Petinju 'kulit hitam' satu ini lahir pada 11 Juli 1953 di  St  Louis  dan hidup dalam keluarga yang miskin bersama sang adik,  Michael . Ia dan sang adik kemudian menemukan dunia tinju sebagai jalan berhenti hidup susahnya.

Di  Olimpiade  1976Leon  dan sang adik  Michael  ternyata mampu menyumbangkan medali emas untuk tim tinju  Amerika Serikat. B aru di 2017 lalu, sosok Spinks masuk dalam  Nevada Boxing Hall of Fame  atas sejumlah prestasinya di ring tinju. (RIN)

Editor: Ririn
    Bagikan:  


Berita Terkait