Buat Tampilan Background WhatsApp Lebih Menarik, Ini Caranya

Gaya Hidup —Senin, 8 Feb 2021 17:34
    Bagikan:  
Buat Tampilan Background WhatsApp Lebih Menarik, Ini Caranya
Tema WhatsApp - Youtube
POSKOTAJABAR, BANDUNG 


WhatsApp terus mengembangkan fasiltas chatting. Pada Desember lalu, fitur Custom Wallpaper untuk chat di WhatsApp kini sudah bisa dicoba pengguna di Indonesia. 

Fitur ini pun awalnya diuji coba kepada pengguna WhatsApp versi Beta. Seperti namanya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk memilih wallpaper berbeda di setiap ruang obrolan, baik personal maupun grup.


Seperti disadur terasjakarta dari Kompas Tekno, ada beberapa pilihan wallpaper baru yang ditawarkan, mulai dari warna cerah, warna gelap, opsi wallpaper custom, dan varian warna solid.

Sebelum wallpaper diterapkan, pengguna bisa mengedit warna dan mengkreasikan gambar terlebih dahulu sesuai dengan keinginan mereka.

Menariknya, fitur ini juga dapat sinkron dengan sistem di ponsel. Artinya, ketika pengguna mengaktifkan mode gelap, maka wallpaper juga akan beralih ke gambar yang lebih gelap. Begitu pula sebaliknya.



Fitur ini sudah hadir di aplikasi WhatsApp Android versi 2.21.2.18. Lantas, bagaimana cara mengatur Wallpaper yang berbeda di tiap ruang obrolan WhatsApp? Berikut langkah-langkahnya.

1. Untuk memperoleh fitur Wallpaper Custom ini, update terlebih dahulu WhatsApp lewat toko aplikasi Google Play Store.

2. Usai diperbarui, buka aplikasi WhatsApp lalu pilih salah satu chat yang wallpapernya ingin dibedakan.

3. Dalam kolom chat tersebut, klik simbol tiga titik di pojok kanan atas untuk membuka menu "pengaturan pesan" dan opsi " wallpaper".

4. Pilih salah satu wallpaper yang tersedia seperti warna cerah, warna gelap, warna solid, atau opsi wallpaper custom yang bisa diambil dari galeri ponsel.



5. Setelah menentukan wallpaper, nantinya akan muncul dua opsi seperti di bawah ini.
 
6. Pilih opsi "For This Chat" jika wallpaper hanya ingin digunkan untuk chat dengan orang atau grup tersebut. Jika memilih opsi "For all Chat in Light/Dark Theme", maka wallpaper tersebut akan digunakan untuk semua ruang chat. Kemudian, klik tombol "Oke" di bagian bawah.

7. Wallpaper tersebut nantinya langsung diterapkan secara otomatis.

8. Apabila ingin kembali ke wallpaper lama, pengguna bisa memilih gambar sebelumnya dari kolom Wallpaper Archive (arsip).



Bagi pengguna WhatsApp Android yang belum menemukan fitur ini, bisa mengecek pembaruan aplikasi di Google Play Store. Apabila sudah melakukan update tetapi belum juga muncul, mungkin saja akan menerima dalam waktu dekat.
Editor: Resti
    Bagikan:  


Berita Terkait