Kapolri Mengakui Polri Belum Memberi Izin Penyelenggaraan Kompetisi Liga Indonesia, Fokus Pandemi Covid-19

Sepak Bola —Selasa, 9 Feb 2021 15:44
    Bagikan:  
Kapolri Mengakui Polri Belum Memberi Izin Penyelenggaraan Kompetisi Liga Indonesia, Fokus Pandemi Covid-19
Menpora Zainudin Amali mengunjungi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (08/021). (kemenpora.go.id)

POSKOTAJABAR, JAKARTA.

Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, mengakui, Polri masih belum bisa memberi restu dan izin penyelenggaraan, untuk Kompetisi Sepak Bola Shopee Liga Indonesia (LI) 1 dan LI 2 karena masih fokus ke pandemi Covid-19. Polri, Kemenpora, dan PSSI masih akan membicarakan lebih lanjut teknis pelaksanaan kompetisi, agar tetap mengutamakan protokol kesehatan.

"Kami dari kepolisian membuka ruang untuk membicarakan lebih lanjut, untuk hal-hal yang perlu dipersiapkan baik yang bersifat administrasi, dengan mengutamakan protokol kesehatan. Sehingga, kegiatan keolahragaan bisa terlaksana dengan kesepakatan-kesepakatan. Kalau dilanggar bisa berdampak terhadap pelaksanaan kegiatan tersebut," ungkap Kapolri, Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo di Mabes Polri Jakarta, Selasa (09/02/2021).

Kapolri, Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo menyampaikan hal itu seusai mengadakan pertemuan dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, di Mabes Polri, Senin (08/02/2021). Menpora berkunjung ke Kapolri untuk membahas terkait kegiatan olah raga dan kepemudaan di Indonesia.

BACA JUGA:  Presiden Jokowi Mengakui Insentif yang Diberikan Pemerintah kepada Industri Media Tidak Seberapa

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, menuturkan, Polri sampai saat ini masih terus fokus untuk mendukung program pemerintah dalam menekan laju penularan virus Corona di Indonesia. "Memikirkan terkait kegiatan yang bersifat kepemudaan dan juga olah raga. Seperti kami tahu, kita semua sedang kerja keras turunkan angka Covid-19 melalui berbagai macam skema, langkah ini terus dilaksanakan. Sejak awal Polri terlibat selalu didalamny, dari PSBB kemudian PPKM, sebentar lagi dilaksanakan PPKM mikro. Ini semua dilakukan dalam rangka mencegah atau mengurangi laju pertumbuhan ataupun penularan Covid-19," kata Sigit. 

Sigit menyebut, dalam diskusinya dengan Menpora, diperlukan adanya persiapan dan pembahasan lebih lanjut, apabila nantinya kegiatan kepemudaan dan olah raga ingin tetap dijalankan di tengah Pandemi Covid-19. 

Sementara itu, Menpora Zainudin Amali mengatakan, seluruh kegiatan kepemudaan dan keolahragaan harus tetap berkoordinasi dan berkomunikasi dengan pihak kepolisian. Apalagi, hingga kini Indonesia masih menghadapi Pandemi Covid-19 atau virus Corona. 

"Kami juga menyampaikan informasi kepada beliau (Kapolri), tentang berbagai hal yang berkaitan tugas pokok Kemenpora, baik itu kegiatan pemudaan maupun olah raga yang akan dihadapi ke depan," kata Zainudin.

BACA JUGA:  Penjaga Gawang Muda Persib Bandung Erlangga Setyo Berjanji Akan Tampil Maksimal di Timnas Indonesia

Zainudin menjelaskan, dalam situasi pandemi Covid-19, pihak Kemenpora dengan Polri sama-sama mencari jalan keluar agar kegiatan olah raga dan kepemudaan dapat tetap berjalan, sebagaimana aturan protokol kesehatan yang diterapkan pemerintah. 

 "Situasi masih posisi atasi Pandemi, suasana kami bukan normal dan pemerintah tetapkan PPKM, kalau sekarang PPKM mikro. Dalam berbagai kesempatan, kami utamakan keselamatan dan kesehatan masyarakat. Namun, kami tidak lupakan kegiatan masyarakat khususnya kepemudaan dan olah raga," ucap Zainudin. (Ilham/tha)

Editor: Setiawan
    Bagikan:  


Berita Terkait