Perbaikan Tol Cipali yang Ambles Membutuhkan Waktu Setidaknya 2 Pekan

Jawa Barat —Selasa, 9 Feb 2021 20:04
    Bagikan:  
Perbaikan Tol Cipali yang Ambles Membutuhkan Waktu Setidaknya 2 Pekan
Jalan tol Cipali (Cikampek - Palimanan) Km 122+400 arah Jakarta yang ambles. (Ditlantas)

POSKOTAJABAR, BANDUNG.

Perbaikan jalan tol Cipali (Cikampek - Palimanan) Km 122+400 arah Jakarta yang ambles membutuhkan waktu setidaknya 2 pekan. Oleh karena itu, selama perbaikan dilakukan akan diberlakukan contra flow dari Km117 sampai KM126. 

Direktur Operasi Astra Tol Cipali, Agung Prasetyo, mengatakan, kondisi curah hujan yang tinggi dan terus menerus, khususnya di ruas tol Cipal,  mengakibatkan kondisi jalan harus dilakukan pekerjaan perawatan terutama pada ruas KM 122+400 arah Jakarta.

"Dengan kondisi tersebut, menyebabkan jalan tidak dapat dilalui oleh kendaraan sehingga dilakukan penutupan dan
diberlakukan contra flow mulai dari KM 117 hingga KM 126," katanya lewat rilis yang diterima wartawan, Selasa (09/02/2021).

BACA JUGA:  Sebanyak 11 Kecamatan di Kota Bandung Berpotensi Menerapkan PPKM Berskala Mikro

Untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan, terutama kemacetan, pihak pengelola melakukan koordinasi dengan kepolisian untuk rekayasa lalin dan diberlakukan contra flow.

"Sebetulnya, saat ini telah dilaksanakan mekanisme contra flow untuk mengurangi beban pada jalan dan juga memitigasi kemacetan," jelasnya.

Pihak Astra Tol Cipali selaku pengelola jalan tol Cipali, menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami oleh pengguna jalan.

"Kami menghimbau kepada pengguna jalan untuk mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol, tetap berhati-hati dan menaati rambu-rambu terutama di sekitar lokasi pekerjaan," ujarnya.

Sementara itu, Dirlantas Polda Jabar, Kombes Pol. Eddy Junaedi, membenarkan kabar yang pertama kali muncul di lini masa twitter. Salah satunya disampaikan oleh akun @rtmcpoldajabar milik Polda Jawa Barat.

BACA JUGA:  Tol Cipali KM 122 Jalur B Arah Jakarta Amblas Diakibatkan Hujan Deras

"Tindakan yang dilakukan, diberlakukan contra flow mulai dari KM 117 hingga KM 126 untuk mengurai kepadatan lalin," katanya saat dihubungi via Whatsapp, Selasa (09/02/2021).

Seperti diketahui, jalan tol Cipali tepatnya di KM 122+400 jalur B, arah Jakartamengalami ambles. Peristiwa itu diduga terjadi karena hujan deras yang beberapa hari terakhir mengguyur wilayah Jawa Barat dan sekitarnya. Sementara itu, hujan deras diperkirakan juga masih terjadi di lokasi tersebut.

Untuk melintasi daerah yang ambles, untuk sementara diberlakukan contra flow mulai dari Km 117 hingga Km 126, untuk mengurai kepadatan lalin.  (Aris/Le)

Editor: Setiawan
    Bagikan:  


Berita Terkait