5 Pesepakbola Berikut Ternyata Lulusan S2, Ada yang Jago Menulis

Sepak Bola —Rabu, 10 Feb 2021 14:38
    Bagikan:  
5 Pesepakbola Berikut Ternyata Lulusan S2, Ada yang Jago Menulis
(foto:woldfootballnet)

POSKOTAJABAR, BANDUNG.

Hanya sedikit dari pesepakbola di seluruh dunia yang mengorbankan pendidikan demi kariernya. Sebab, karier sebagai pesepakbola sudah cukup menyita waktu. Karena itu, tidak jarang pendidikan seorang pesepakbola hanya sampai level sekolah menengah.

Meski demikian, karier sebagai pesepakbola nyatanya masih bisa sejalan dengan pendidikan. Beberapa pesepakbola berikut ini sudah membuktikannya. Gemilang karier di atas lapangan hijau, bisa diimbangi dengan prestasi cemerlang di tingkat akademi.

Berikut POSKOTAJABAR rangkum lima orang pesepakbola yang ternyata menyandang gelar master (setara dengan S2), dirangkum dari berbagai sumber.

 

BACA JUGA : Cara Mendapatkan Bantuan Rp3,5 Juta Pengganti BLT Subsidi Gaji, Simak Persyaratannya

 

Vincent Kompany

Bek legendaris Manchester City itu tidak hanya tangguh di lapangan, tetapi juga pada level akademis. Vincent Kompany tercatat menyandang gelar Master Administrasi Bisnis dari Manchester School of Business. Bek asal Belgia itu lulus pada 2012 silam.

 

Giorgio Chiellini

Bek andalan Juventus, Giorgio Chiellini punya otak encer di level akademis. Bek jangkung yang pernah di gigit Luis Suarez itu memperoleh gelar master pada jurusan Akademi Bisnis dari University of Turin, Italia.

 

BACA JUGA : Mayat Yang terapung di Laut Pangandaran Diketahui Warga Provinsi Jambi

 

 

Juan Mata

Pria asal Spanyol ini cukup banyak mengoleksi trofi juara baik bersama tim nasional maupun klub. Di sela-sela kesibukannya sebagai pesepakbola, Juan Mata ternyata pernah menempuh studi jurnalistik hingga meraih gelar sarjana.

Ilmu tersebut dimanfaatkan untuk rajin menulis blog pribadinya. Gelar sarjana atau S1 itu tidak membuat Juan Mata puas.

Juan Matta yang kini memperkuat Manchester United itu kemudian melanjutkan studi S2 dan lulus dengan gelar Master Ilmu Olahraga.

 

Seyi Olofinjana

Sebagai pesepakbola, karier Seyi Olofinjana tidak terlalu gemilang. Ia lebih banyak menghabiskan waktunya bersama klub-klub medioker seperti Stoke City, Hull City, dan Wolverhampton Wanderers.

Akan tetapi, karier profesional yang terhitung medioker itu, diimbangi dengan keberhasilan di level akademis. Seyi Olofinjana tercatat memiliki gelar master di bidang Teknik Kimia.

 

Edwin van der Sar

Berbagai trofi sudah pernah diraih Edwin van der Sar. Kiper andalan, dibarengi dengan gelar akademis. Pria asal Belanda itu menyandang gelar master pada bidang Manajemen Olahraga Internasional.

Gelar akademis yang diraihnya sangat membantu pekerjaan Edwin van der Sar. Saat ini, pria berusia 50 tahun itu menjabat sebagai CEO Ajax Amsterdam, klub tempatnya merintis karier sebagai pesepakbola. (dwa)

Editor: Dikki
    Bagikan:  


Berita Terkait