I Made Dana Tangkas Meramaikan Bursa Calon Ketua Ikatan Alumni ITB

Pendidikan —Rabu, 10 Feb 2021 14:56
    Bagikan:  
I Made Dana Tangkas Meramaikan Bursa Calon Ketua Ikatan Alumni ITB
Salah seorang calon Ketua IA ITB, I Made Dana Tangkas, siap memajukan SDM yang unggul. (Poskota)

POSKOTAJABAR, JAKARTA. 

I Made Dana Tangkas meramaikan bursa Calon Ketua Ikatan Alumni (IA) Institut Teknologi Bandung (ITB). I Made Dana Tangkas adalah alumni Fakultas Teknik Industri ITB angkatan 1984. Ia merupakan salahsatu dari delapan calon Ketua IA ITB yang ikut dalam bursa tersebut.

I Made Dana Tangkas merupakan tokoh yang berkiprah di bidang bisnis otomotif nasional.  Hal itu yan akan menjadi "modal" dirinya untuk memajukan Kampus Ganesha menuju Indonesia Emas. "IA ITB harus menjadi lembaga terkemuka sebagai lokomotif penggerak pembangunan nasional. Selain itu,  sebagai pemersatu yang profesional dan berkarakter untuk membangun Indonesia Emas," ungkapnya di Jakarta, Selasa (09/02/2021).  

Made Tangkas juga optimis akan membangun sumber daya manusia (SDM) yang unggul berbasis karakter, kecerdasan, kompetensi hingga motivasi tinggi untuk membangun bangsa. 

BACA JUGA:  Satgas PPKM Kota Bogor Memberi Sanksi Denda kepada 12 Pelaku Usaha yang Melanggar

Modal SDM yang tersebar luas itu, sambungnya, harus bisa dimaksimalkan untuk kemajuan Indonesia. Khususnya, menciptakan lapangan kerja sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi sebagai recovery dampak Pandemi Covid-19. "Jaringan itu kita hidupkan, kita fungsikan baik dalam maupun luar negeri dan mengintegrasikan SDM almamater ITB," kata alumni lulusan Teknik Industri ITB angkatan 1984 itu.

Kampus ITB merupakan kor teknologi milik Indonesia. Banyak ahli maupun teknokrat lahir dan dibesarkan dari ITB. Sebagian diantara mereka juga berkiprah di berbagai sektor, baik di sektor pemerintah maupun sektor swasta. Semua ahli teknologi itu ada di berbagai sektor, mulai dari pertambangan, agro, maritim, industri, energi, infrastruktur bahkan start up.

"Ini yang perlu kita terintegrasi satu sama lain. Supaya kekuatan ini bisa mendukung pemerintah membuka lapangan kerja, sekaligus menumbuhkan ekonomi," ujar Presiden Institut Otomotif Indonesia itu. 

Dukungan kepada I Made Dana Tangkas juga mengalir dari para senior lulusan ITB. Salah satunya datang dari Staf Khusus Kemenko Perekonomian, I Gusti Putu Surya Wirawan.  Putu menilai I Made Dana Tangkas memiliki jaringan yang cukup luas hingga internasional.  

BACA JUGA:  Sedikitnya 5000 Wartawan akan Menjadi Prioritas Vaksin Covid-19 Pertama

"Saya lihat sosok Pak Made punya passion meningkatkan kemampuan produksi di dalam negeri, khususnya di bidang otomotif sampai kepada industri komponennya. Kita akan mampu meningkatkan investasi dan meningkatkan lapangan kerja," pungkas mantan Dirjen Kemenperin itu. 

Seperti diketahui, bursa calon ketua umum (Caketum) Ikatan Alumni (IA) Institut Teknologi Bandung (ITB) 2021-2025 mulai ramai diperbincangkan. Para teknokrat itu berkompetisi untuk memimpin organisasi alumni kampus yang banyak melahirkan pebisnis sekaligus teknokrat. (deny/ys)

Editor: Setiawan
    Bagikan:  


Berita Terkait