PP Muhammadiyah Menetapkan Awal Ramadhan 1442 H Jatuh Tanggal 13 April dan Idul Fitri pada 13 Mei 2021

Jawa Barat —Rabu, 10 Feb 2021 17:57
    Bagikan:  
PP Muhammadiyah Menetapkan Awal Ramadhan 1442 H Jatuh Tanggal 13 April dan Idul Fitri pada 13 Mei 2021
Ketua Bidang Kerja Sama Internasional dan Hubungan Luar Negeri PP Muhammadiyah Muhyiddin Junaidi. (gontornews)

POSKOTAJABAR, JAKARTA. 

Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menetapkan awal Ramadhan 1442 H jatuh pada tanggal 13 April 2021, dan Idul Fitri 1442 H jatuh pada tanggal 13 Mei 2021. Penetapan awal Ramadhan berdasarkan pada hisab hakiki dan wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Ketua Bidang Kerja Sama Internasional dan Hubungan Luar Negeri PP Muhammadiyah, Muhyiddin Junaidi, mengungkapkan, penetapan awal Ramadhan yang ditetapkan Muhammadiyah berdasarkan perhitungan hisab murni.

"Kita sudah menghitung berdasarkan kemiringan bulan dan matahari. Sehingga, Muhammadiyah menetapkan awal Ramadhan jatuh pada tanggal 13 April 2021," ungkap Muhyiddin yang dihubungi di Jakarta, Rabu (10/02/2021).

BACA JUGA:  Budaya Seba Baduy Masuk dalam 3 Besar Calon Penerima Penghargaan Anugerah Pesona Indonesia

Menurut Muhyiddin,  mungkin saja awal Ramadhan tahun ini sama dengan awal Ramadhan yang akan ditetapkan pemerintah melalui sidang isbat. Namun demikian, dia berharap jika terjadi perbedaan untuk tidak dibesar-besarkan, karena umat Islam selama ini sudah terbiasa dengan adanya perbedaan dalam mengawali awal Ramadhan.

Muhyiddin menegaskan, bahwa kemungkinan besar Ramadhan tahun ini masih dalam situasi pandemi Covid-19. Sebab itu, semua pihak untuk terus berdoa dan bertawakal kepada Allah SWT,  agar pandemi segera berlalu. Anggap saja semua itu peringatan, melalui pandemi Covid-19 untuk meningkatkan ketakwaan.

Pengumuman Muhammadiyah tentang penetapan awal Ramadhan dan Idul Fitri, 1442 H tertuang melalui Maklumat Pimpinan Pusat Muhamamdiyah Nomor 01/MLM/I.0/E/2021 tentang penetapan hasil hisab Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijah.

BACA JUGA:  Hari Pertama Masuk Kerja, Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata," Kena Covid-19 tidak enak"

Surat tersebut ditandatangani Ketua Umum Muhammadiyah Haedar Nasir. Dalam surat tersebut, juga tertulis bahwa ijtimak/konjungsi jelang Ramadhan 1442 H terjadi pada Senin, 12 April 2021, pukul 09.33.59 WIB.

Pada saat itu, tinggi bulan pada di saat terbenam matahari di Yogyakarta menunjukkan hilal sudah wujud dan di seluruh wilayah Indonesia pada saat terbenam matahari itu, bulan sudah berada di atas ufuk. (johara/tha)

Editor: Setiawan
    Bagikan:  


Berita Terkait