Insan Pers Pangandaran, Peringati HPN 2021 dengan Menanam Ratusan Pohon Mangrove

Jawa Barat —Rabu, 10 Feb 2021 21:33
    Bagikan:  
Insan Pers Pangandaran, Peringati HPN 2021 dengan Menanam Ratusan Pohon Mangrove
Wakil Ketua PWI Ciamis,Banjar, Pangandaran Faizal Amiruddin didampingi Ketua Tagana Pangandaran Nana Suryana dan para insan pers lainnya pada saat melakukan penanaman pohon mangrove di pantai Karang T

POSKOTAJABAR,PANGANDARAN.
Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2021 yang jatuh pada tanggal 09 Februari 2021, puluhan insan pers baik cetak, online maupun elektronik  penanaman sekitar 500 pohon mangrove di pantai Karang Tirta Desa Sukaresik, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Selasa (09/02/2021).

Kegiatan penanaman mangrove ini juga mendapatkan dukungan dari Bagian Prokopim Pemkab Pangandaran dan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Pangandaran. 

"Kami sangat mendukung kegiatan teman-teman wartawan yang menjadikan semangat hari pers nasional untuk melakukan aksi nyata peduli lingkungan, khususnya menanam pohon mangrove," ucap Kepala Bagian Prokopim Pemkab Pangandaran Agus Supriatna kepada POSKOTAJABAR Selasa (09/02/2021).

Sementara, Ketua PWI Ciamis, Banjar dan Pangandaran, Subagja Hamara mengatakan, pihaknya juga ingin mengambil bagian dalam program rehabilitasi lingkungan, khususnya di daerah pesisir pantai Karangtirta.

"Sehingga teman-teman wartawan di Pangandaran menjadikan penanaman bibit mangrove sebagai bagian acara peringatan HPN tahun ini," ujarnya.

Dia menyebutkan, selain memiliki peran penting dalam kelestarian lingkungan, hutan mangrove juga bisa menjadi daya tarik wisata. Karena keberadaan pohon mangrove akan memberikan lanskap yang bagus bagi pantai.

“Selain penahan abrasi dan menjadi ekosistem biota laut, pohon mangrove juga akan membuat wajah pantai menjadi lebih bagus,” tuturnya.

Menurut dia, kegiatan ini juga sebagai bentuk dukungan kepada Pemkab yang sudah mewacanakan untuk revitalisasi Pantai Karangtirta sebagai destinasi wisata.

BACA JUGA : Url Hidup Situs Porno Muncul Saat Siswa Belajar Daring

 

Ketua Tagana Pangandaran Nana Suryana memberikan apresiasi atas kegiatan penanaman mangrove tersebut dalam rangka memperingati HPN tahun 2021.


“Dalam beberapa tahun ke depan mudah-mudahan mangrove yang kita tanam hari ini bisa tumbuh dan berubah menjadi hutan mangrove,” harapnya.

Hutan mangrove, sambung Nana,  akan memberikan dampak positif bagi ekosistem di pantai. Kawasan itu nantinya akan menjadi habitat udang dan kepiting serta biota laut lainnya yang memberi manfaat bagi masyarakat.

"Selain itu, dari segi mitigasi bencana, tanaman mangrove akan menjadi perisai terdepan untuk mengurangi kekuatan gelombang air laut. Namun, tantangan terbesar yang kami hadapi adalah perawatan tanaman mangrove agar bisa tumbuh besar karena setiap hari harus dirawat,” sambungnya. (dry)



Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait