Sosok Syam Permana Dimata Rekannya Sesama Pencipta Lagu.

Gaya Hidup —Kamis, 11 Feb 2021 18:26
    Bagikan:  
Sosok Syam Permana Dimata Rekannya Sesama Pencipta Lagu.
Syam Permana saat menyanyikan sebuah lagu ciptaannya Bersama Genta Gemiri (foto: Screenshoot akun Youtube Genta Gemiri)

POSKOTAJABAR, SUKABUMI. 

Sosok Syam Permana seorang pencipta puluhan lagu asal Kabupaten Sukabumi yang karyanya dinyanyikan oleh sejumlah  artis papan atas ternyata memiliki keperibadian yang sederhana dan rendah hati. Syam Permana yang memiliki nama asli Syamsudin (60) adalah seorang pencipta lagu dangdut era 1980an yang tersohor di kalangan musisi melayu.

De Mulyadi (44) pencipta lagu sunda asal Sukabumi yang lebih akrab dikenal dengan nama panggung Genta Gemiri mengungkapkan, Syam Permana adalah sosok yang bijaksana, rendah hati, dan tidak pernah menyombongkan dirinya sebagai seorang pencipta lagu papan atas.

"Kang Syam itu orang baik, dia ttidak pernah menjelekan orang lain dan tidak pernah juga membanggakan diri sendiri,"ujar dia, saat dihubungi melalui sambungan selullar, Kamis (11/02/2021).

De Mulyadi mengungkapkan, awal pertemuannya dengan Syam Permana adalah ketika Syam mendatangi rumahnya untuk berkunjung dan berbincang tentang dunia cipta lagu.

"Awalnya Pak Syam Permana menemui Sandi Sulung pencipta lagu Bang Toyib yang tinggal di Kecamatan Sukaraja. Kemudian Sandi Sulung memberikan alamat saya ke beliau,"katanya.


Sejak pertemuan itu, lanjut De Mulyadi, dirinya bersama Syam Permana mulai kerja bareng dalam menciptakan lagu Dangdut dan Sunda. Bahkan, saat ini sudah tercipta sekitar 30 lagu.

"Kita mulai sejak sebulan lalu.  Kang Syam kan tidak punya gitar jadi saya yang iringi. Sampai saat ini sudah terkumpul kurang lebih 30 lagu. Cukup cepat, karena liriknya sudah ada,"katanya.

De Mulyadi berharap, nasib gemilang kembali menghampiri Syam Permana. Pasalnya, saat ini nasib Syam tidak seindah puluhan lagu ciptaannya.

BACA JUGA : Misteri Kematian Kasmidi Warga Jambi yang Terapung di Laut Pangandaran


Syam kini tinggal di Kampung Babakan Jawa, RT 02/18 Desa Sukaresmi, Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi, dengan lima orang anak. Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, syam belerja sebagai seorang buruh serabuta dengan penghasilan tidak lebih dari Rp 50 ribu perhari. Bahkan tak jarang syam pulang ke rumah nya dengan tangan kosong.

Beberapa lagu ciptaan Syam Permana yang cukup populer diantaranya adalah, lagu berjudul Terimakasih yang dinyanyikan oleh Inul Daratista. Kemudian,  Bagaimana Bisa, Kau Milik Siapa yang dinyanyikan Indah Sundari, Biarlah Berlalu yang dipopulerkan Mukhsin, dan masih banyak lagu lainnya yang juga dinyanyikan oleh para penyanyi dangdut nasional.

"Mudah - mudahan kang Syam mendapatkan haknya sebagai seorang pencipta lagu, agar dirinya dapat hidup dengan layak seperti pencipta lagu lainnya,"pungkas De Mulyadi. (Hendra)



Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait