Ditegur Abaikan K3, Rekanan Proyek Gedung Setda Tetap Membandel

Jawa Barat —Kamis, 11 Feb 2021 21:11
    Bagikan:  
Ditegur Abaikan K3, Rekanan Proyek Gedung Setda Tetap Membandel
Pekerja PT Torus Jaya terlihat mengerjakan pekerjaan pembangunan kantor Setda Cianjur diposisi ketinggian tanpa menggunakan helm proyek, Selasa (9/2/2021) lalu. foto:nuki)
POSKOTAJABAR,CIANJUR.
Rekanan pelaksana proyek gedung kantor Sekertariat Daerah (Setda) Kabupaten Cianjur tetap membandel mengabaikan Undang-Undang Nomor 1/1970 Tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (KKK).

Pantauan dilapangan, para pekerja di lokasi proyek terlihat tidak menggunakan perlengkapan K3. Padahal mereka sedang mengerjakan pekerjaan pada posisi ketinggian. 

Boleh disebut, aksi mereka saat bekerja tanpa menggunakan helm proyek itu tak ubahnya bak seorang pemeran pengganti adegan berbahaya yang biasa bermain dalam film aksi.

Selidik punya selidik, ternyata terkait soal diatas,  dinas sudah pernah menegur pihak rekanan. Namun sayang, teguran tersebut tak digubris, faktanya para pekerja masih saja tak dilengkapi K3 saat bekerja.

Plt Kepala Bidang Pembangunan Gedung Dinas PUPR Kabupaten Cianjur, Yudi Agus Sumaji membenarkan jika pihak dinas telah memberikan teguran kepada rekanan terkait soal K3. Tapi rupanya teguran tersebut tidak digubris.

 “Sebenarnya, saya dengan pak kadis, sudah berulangkali menegur pihak kontraktor. Namun alasan dari para tenaga kerja, sudah biasa tidak memperhatikan keselamatan kerja dengan tanpa menggunakan alat pelindung diri (APD).”kata Yudi, Kamis (11/02/2021).



Tak hanya soal K3, pihak dinas juga telah menjatuhkan sanksi denda kepada pihak rekanan karena tidak dapat menyelesaikan pekerjaanya tepat waktu.

"Pembangunan gedung mencapai Rp13,7 miliar lebih. Saat ini progres pembangunannya sudah mencapai sekitar  92.97 %. Sebelumnya, ada perubahan desain dan addendum, targetnya harus selesai batas maksimal 14 Maret 2021,"terang Yudi.

Informasi, proyek pembangunan gedung Sekertaris Daerah (Sekda) Cianjur dimenangkan PT. Torus Jaya yang beralamat di jalan Malaka Nomor 9 RT 002/001, Kelurahan Kelapa Dua Wetan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur. (Nuki)



Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait