Makna Makan Mi Tanpa Putus

Jawa Barat —Jumat, 12 Feb 2021 14:48
    Bagikan:  
Makna Makan Mi Tanpa Putus
Foto by (Ra)

POSKOTAJABAR, BANDUNG

Makna Makan Mi Tanpa Putus

Menyambut Imlek tahun kerbau logam 2021 berbagai hidangan khas yang biasa hadir di tengah keluarga. Selain Kue keranjang yang cukup populer ada juga hidangan Siu Mie.Siu mie atau mi panjang umur adalah salah satu hidangan khas Imlek yang memiliki filosofi cukup dalam. Siu Mie atau yang juga dikenal dengan mi panjang umur merupakan sajian spesial saat perayaan Tahun Baru Imlek.

Siu mie menjadi makanan khas Imlek karena melambangkan umur panjang, kebahagiaan, serta limpahan rejeki untuk orang yang menyantapnya. Saat memasak, menyajikan, dan memakannya siu mie tidak boleh terputus. Pasalnya jika terputus dipercaya dapat mengurangi usia seseorang.

BACA JUGA : Shio Yang Akan Hoki Tahun Kerbau Logam 2021


Sebelum menyantap Siu mi seluruh anggota keluarga harus berdoa terlebih dahulu agar permohonan dan harapan dan terkabul.

selama perayaan Imlek, masyarakat dilarang untuk memakan bihun, sebab melambangkan umur pendek. Selain pendek, bihun cenderung mudah hancur. Karena itu bihun tak pernah disajikan saat Imlek maupun perayaan warga Tionghoa lainnya. Warna putih pada bihun pun melambangkan pekerja keras namun memiliki kelemahan yang menonjol dalam menjalankan kehidupan.(Ra)

Editor: Rady
    Bagikan:  


Berita Terkait