Warga Tionghoa di Vihara Gayatri Laksanakan Imlek dengan Prokes, Ritual Pemandian Tujuh Sumur Ditiadakan

Jawa Barat —Jumat, 12 Feb 2021 17:35
    Bagikan:  
Warga Tionghoa di Vihara Gayatri Laksanakan Imlek dengan Prokes, Ritual Pemandian Tujuh Sumur Ditiadakan
Kapolrestro Depok Kombes Imran Edwin Siregar didampingi Pengurus Vihara Gayatri Kho Cincin meninjau protokol kesehatab sudah berjalan baik. (Poskota)

POSKOTAJABAR, DEPOK. 

Warga Thionghoa di Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Tapos, Kota Depok, Jumat (12/02/2021) merayakan Tahun Baru Imlek 2572 tetap disiplin dengan protokol kesehatan (prokes). Itu terlihat di Vihara Gayatri, yang melakukan ritual ibadah di masa pandemi virus Covid-19, yang tetap menerapkan 3 M yakni menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Sedangkan untuk pemandian tujuh sumur ditiadakan. 

Pengurus Vihara Gayatri, Darmawan, mengungkapkan, bagi mereka yang ingin merayakan Imlek di Vihara Gayatri, masa harus menerapkan prokes 3 M yakni menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

BACA JUGA:  Menteri Agama Ajak Warga Tionghoa Meningkatkan Kepedulian, Momentum Tahun Baru Imlek 2572

"Tidak ada pengurangan bagi warga yang mau datang ke vihara untuk sembahyang. Namun, tetap kita terapkan protokol kesehatan dengan sangat ketat mulai dari pengukuran suhu dan jaga jarak untuk menghindari kerumunan," ungkap Darmawan, yang akrab disapa Kho Cincin, usai mendapat kunjungan Kapolres Metro Depok, Kombes Imran Edwin Siregar, Jumat (12/02/2021) siang.

Untuk pengunjung dari Jabodetabek mulai dari pagi sampai siang ini, lanjut Kho Cincin, yang datang beribadah di Vihara Gayatri sudah ada 150 orang.

Perlu diketahui, Vihara Gayatri merupakan tempat sembahyang bagi warga keturunan Thionghoa setiap perayaan Tahun Baru Imlek dan Cap Goh May selalu ramai dikunjungi. Konon, di dalam Vihara Gayatri terdapat 12 dewa.

"Kita berharap, Imlek tahun ini Shio Kerbau perak dapat kemujuran dan pandemi cepat berlalu dan ekonomi membaik,"tuturnya.

BACA JUGA:  Unit Tipikor Polres Ciamis Datangi Kantor Desa Pangandaran, Inilah Penjelasan Kades Pangandaran

Kapolres Metro Depok, Kombes Imran Edwin Siregar, dalam menjaga aman perayaan Imlek pihaknya telah mengerahkan sejumlah personil bersiaga di tempat perayaan imlek seperti Vihara maupun klenteng.

“Pengamanan tetap kita lakukan. Artinya, kegiatan itu tetap dilaksanakan, tapi tetap kita ikuti aturan pemerintah terkait prokes Covid-19,” katanya didampingi Kanit Binmas Polsek Cimanggis, Iptu Rudy, saat mengunjungi Vihara Gayatri mengecek protokol kesehatan. (angga/ruh)

Editor: Setiawan
    Bagikan:  


Berita Terkait