Bupati Jeje Wiradinata Izinkan Pelaku Seni Pangandaran Manggung Lagi, Inilah Syaratnya!

Gaya Hidup —Jumat, 12 Feb 2021 19:17
    Bagikan:  
Bupati Jeje Wiradinata Izinkan Pelaku Seni  Pangandaran Manggung Lagi, Inilah Syaratnya!
Pelaku seni di Pangandaran saat pentas di panggung (foto: doc)

POSKOTAJABAR,PANGANDARAN.
Setelah sekian lama pelaku seni di Kabupaten Pangandaran tidak bisa manggung lantaran terbentur berbagai aturan, terutama terkait protokol kesehatan. Namun, setelah beberapa orang pelaku seni menyampaikan aspirasinya kepada pihak Disparbud Pangandaran, sebagian masukan dapat diterima.

Dengan segala upaya Disparbud Kabupaten Pangandaran pun melakukan komunikasi dengan dinas terkait di lingkup Pemerintah Kabupaten Pangandaran. Hingga akhirnya pihak Pemkab Pangandaran melalui Bupati Pangandaran merestui para seniman untuk kembali manggung.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran, Aceng Hasim mengatakan, berdasarkan hasil aspirasi yang disampaikan kepada pihak terkait akhirnya Bupati mengeluarkan SK Bupati Nomor 4 tahun 2021 Tentang Pelaksanaan Kegiatan Wilayah.

"Surat Keputusan tersebut resmi ditandatangani oleh Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata pada Rabu, 10 Februari 2021 kemarin," ujarnya saat dihubungi wartawan, Jumat (12/02/2021).

Kata dia, dengan di keluarkannya SK Bupati cukup menggembirakan, para pelaku seni yang sudah bisa kembali tampil atau manggung di tempat terbuka seperti di tempat hajatan.

"Hasil kumpulan dengan Bupati Pangandaran yang sudah mengizinkan kembali hiburan di masyarakat cukup membuat para pelaku seni gembira," ucapnya.

Kendati demikian, sambung dia,  untuk manggung di muka umum harus mengikuti aturan yang ditetapkan.

“Salah satunya, saat menggelar hiburan para pelaku seni wajib menerapkan standar prokes seperti 5 M. Dan batas waktu hiburan mulai pukul 09.00 sampai pukul 15.00 WIB," tandasnya.


Sementara, salah seorang pelaku seni Dian MP mengaku, bahwa dirinya sangat merespon dan menyambut hangat keputusan Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata yang telah memperbolehkan kembali seniman untuk bisa kembali tampil atau manggung.

"Keputusan Bupati Pangandaran sangat bijaksana dan luar biasa meskipun durasi waktu manggung atau tampil tidak full seperti sebelum adanya pendemi Covid-19,  yang terpenting kita bisa tampil manggung," ungkapnya.

Menurut dia, kebijakan yang dikeluarkan orang nomor satu di Kabupaten Pangandaran seakan memberikan nafas bagi pelaku seniman dalam mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan keluarga.

"Bisa tampil manggung kembali secara tidak langsung pihak Pemkab Pangandaran melalui bupati telah memberi ruang untuk pelaku seni mencari nafkah," tutupnya .(dry)


Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait