Mantan Ketua PWI Cianjur H Asep Sobandi Meninggal Dunia Dalam Usia 74 Tahun

Jawa Barat —Jumat, 12 Feb 2021 21:38
    Bagikan:  
Mantan Ketua PWI Cianjur H Asep Sobandi Meninggal Dunia Dalam Usia 74 Tahun
Wartawan senior PWI Cianjur H. Asep Sobandi terakhir kalinya duduk di kursi Pendopo Pancaniti Cianjur saat menghadiri acara peringatan HPN 2021, Selasa (9/2/2021).( Foto : Ist)
POSKOTAJABAR, CIANJUR.
"Jika menulis adalah keabadian, maka kematian adalah sebuah kepastian"
Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 yang digelar, Selasa (09/02/2021) di Pendopo Pancaniti, Kabupaten Cianjur menjadi momen terakhir bagi sosok  H. Asep Sobandi.

Sebelum dipanggil sang kholik, Jumat (12/02/2021) wartawan senior yang akrab disapa Aka itu rupanya masih diberikan waktu bisa menghadiri acara peringatan HPN, sekaligus berkumpul dengan para juniornya.

Sambil menunggu waktu acara di mulai, Aka terlihat bersenda gurau dengan para juniornya di halaman depan Pendopo. 

Gelak tawa dan canda para jurnalis saat itu seakan senandung dawai gitar yang mengalun merdu bak penawar rindu, membawa bayangan kenangan indah semasa dirinya masih aktif secara total sebagai pewarta.

Raut wajah pria berusia 74 tahun itu memang terlihat tidak begitu fit. Namun keinginannya yang kuat menghadiri acara peringatan HPN seakan menjadi sebuah penyemangat.

Peringatan HPN hari itu seolah acara reuni yang terakhir kalinya bagi Aka. Pasalnya, acara reuni para senior yang bakal digelar dalam waktu dekat di Cianjur, sebagai rangkaian puncak acara peringatan HPN tak mungkin lagi dihadiri karena terlebih dulu mendapat panggilan Sang Illahi.

Dedikasinya di dunia pers tak bisa dianggap sebelah mata. Ia pernah memimpin Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Cianjur periode 2009-2012. Bahkan hingga tutup usia, Aka tercatat masih menjabat sebagai Koordinator Wilayah  PWI Jawa  Barat untuk  PWI  Bogor, Depok ,Sukabumi dan Cianjur.

"Terjun di dunia pers itu sekitar tahun 70 an. Waktu itu aktif sebagai wartawan koran sunda Giwangkara terbitan Bandung,"ujar wartawan senior Kang Deden Sukmayadi.

Menurutnya, beliau salah seorang kuli tinta yang loyal dan perhatian untuk kemajuan bersama. Selalu memperhatikan rekan-rekan seprofesi bahkan banyak pengorbanan.

"Tentunya kami semua merasa kehilangan,"imbuhnya.

Jatuh Sakit Seusai Acara HPN

Seusai mengikuti acara HPN di Pendopo, tersiar kabar mengejutkan, Aka jatuh di rumahnya hingga harus dilarikan ke rumah sakit dan dirawat di ruang ICU Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cianjur. Informasi diperoleh Ia menderita gejala "Stroke".

Selama dua hari, mantan Ketua PWI Cianjur itu mendapat perawatan hingga akhirnya Jumat (12/02/2021) pukul 04.40 WIB pagi dini hari menghembuskan nafas terakhir.


Ketua PWI Cianjur, Moch Ikhsan mengatakan duka menyelimuti keluarga besar PWI. H Asep Sobandi wartawan senior sekaligus pengurus PWI Kabupaten Cianjur meninggal dunia Jum’at (12/02/2021) pukul 04.40 WIB pagi dini hari. 

Sebelumnya Alm sempat dirawat di RSUD Sayang Cianjur, pada usia 74 tahun karena sakit gejala darah tinggi dan meninggal.

“Dari hati yang paling dalam, kami beserta seluruh anggota PWI dan keluarga turut berduka cita atas meninggalnya almarhum senior kita Bapak H Asep Sobandi. Semoga Allah menempatkannya di tempat yang paling indah bersama orang-orang beriman, dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran,“pungkasnya. (Nuki)


Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait