Manfaat Makan Kurma Di Pagi Hari

Kesehatan —Sabtu, 13 Feb 2021 03:03
    Bagikan:  
Manfaat Makan Kurma Di Pagi Hari
Foto by (Ra)

POSKOTAJABAR,BANDUNG 


Manfaat Makan Kurma Di Pagi Hari

   Kurma dengan nama latin Phoenix dactylifera adalah tumbuhan yang terkenal dengan keunikan buahnya yang mengandung nutrisi dan karbohidrat. Salah satu asupan makanan yang baik untuk tubuh adalah kurma. Kurma memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.Kurma menjadi hidangan favorit saat berbuka puasa karena kurma memiliki kandungan gizi yang mampu menggantikan energi dalam tubuh dengan cepat tanpa harus meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

BACA JUGA : Resep Makanan Enak, Cemilan Tempura Udang


   Kurma terdiri dari 75 persen karbohidrat dan sebagian besar dari gula, pati dan serat yang menjadikannya makanan ringan penguat energi. Karbohidrat mencakup 3 gram serat makanan dan 29 gram gula alami seperti fruktosa, glukosa dan sukrosa yang berperan sebagai sumber energi yang mudah dikonsumsi tubuh selama berbuka puasa. 


BACA JUGA : Kenali Parosmia Gejala Baru Covid-19, Berikut ini Penyebab, Gejala dan Cara Mengobatinya
Dikisahkan, Rasulullah SAW, mengajurkan seseorang untuk mengkonsumsi tujuh butir buah kurma Ajwa setiap pagi. "Barangsiapa mengonsumsi tujuh butir kurma Ajwah pada pagi hari, maka hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir." (HR Al-Bukhari dan Muslim).

Selain itu manfaat kurma mengurangi rasa lapar. Manfaat ini tidak lain didapatkan dari kandungan serat dan gula alami pada kurma yang bisa membuat perut lebih cepat kenyang. Buah yang satu ini juga baik dikonsumsi saat sahur dan berbuka. Perlu diketahui untuk tidak mengkonsumsi kurma secara berlebihan karena dapat menyebabkan diare. (Ra)

Editor: Rady
    Bagikan:  


Berita Terkait