Keutamaan Sholat Subuh

Pendidikan —Sabtu, 13 Feb 2021 04:35
    Bagikan:  
Keutamaan Sholat Subuh
Foto by (Ra)

POSKOTAJABAR, BANDUNG

Keutamaan Sholat Subuh

Sholat Subuh adalah Sholat yang dikerjakan pada waktu saat cahaya putih muncul di ufuk timur sampai matahari belum terbit di sebelah ufuk barat. Sholat fardhu yang menjadi wajib dilaksanakan oleh seluruh umat islam. Sholat yang dilakukan pada saat banyak orang terlelap tidur. Namun, banyak sekali manfaat dan keutamaan sholat subuh dan sangat dianjurkan dilakukan secara berjamaah.

Seperti kutipan hadist

Abu Hurairah -raḍiyallāhu 'anhu- meriwayatkan dari Nabi -ṣallallāhu 'alahi wa sallam-, bahwa beliau bersabda, “Salat yang paling berat bagi orang-orang munafik adalah salat Isya dan salat Subuh. Andaikata mereka mengetahui apa-apa yang ada di dalam keduanya pasti mereka mendatanginya, meskipun dengan merangkak. Sungguh aku hendak menyuruh seseorang mengumandangkan ikamah, kemudian aku menyuruh seseorang untuk mengimami salat manusia, lantas aku bersama dengan beberapa orang yang membawa kayu bakar menuju orang-orang yang tidak mendatangi salat, sehingga aku membakar rumah-rumah mereka dengan api.”  
[Hadis sahih] - [Muttafaq 'alaih

BACA JUGA : Keutamaan Dan Manfaat Al Fatihah untuk orang sakit

 

 Al Mundziri “Hai Fatimah bangunlah dan sasikanlah rizki Rabbmu, karena Allah akan membagi-bagikan rizki kepada hambanya di antara sholat subuh sampai dengan terbitnya matahari.”

Tidak akan masuk neraka, orang yang melaksanakan shalat sebelum matahari terbit dan sebelum tenggelamnya.” (HR.Muslim)

.

Begitu banyak hadist yang meriwayatkan tentang keutamaan sholat subuh.  orang yang melaksanakan shalat Subuh dengan sempurna, antara lain dengan melaksanakannya berjamaah, maka dia berada dalam jaminan dan perlindungan Allah Azzawajalla. (Ra)

 

Editor: Rady
    Bagikan:  


Berita Terkait