Doa Untuk Ibu Yang Sedang Sakit

Pendidikan —Minggu, 14 Feb 2021 00:59
    Bagikan:  
Doa Untuk Ibu Yang Sedang Sakit
Foto by (Ra)

POSKOTAJABAR, BANDUNG

Dalam Agama Islam menempatkan posisi ibu paling mulia. Bahkan anak diwajibkan untuk lebih dahulu menghormati ibunya sebelum kepada Ayahnya. Dikutip dalam sebuah hadist diriwayatkan Ibnu Majah berikut ini : نَّ اللَّهَ يوصيكم بأمَّهاتِكُم ثلاثًا، إنَّ اللَّهَ يوصيكم بآبائِكُم، إنَّ اللَّهَ يوصيكم بالأقرَبِ فالأقرَبِ

Artinya :"sesungguhnya Allah berwasiat 3x kepada kalian untuk berbuat baik kepada ibu kalian, sesungguhnya Allah berwasiat kepada kalian untuk berbuat baik kepada ayah kalian, sesungguhnya Allah berwasiat kepada kalian untuk berbuat baik kepada kerabat yang paling dekat kemudian yang dekat" (HR. Ibnu Majah, shahih dengan syawahid-nya).

Rasulullah juga pernah berpesan kepada Umar bin Khattab dan Ali bin Abi Thalib untuk mencari seseorang bernama Uwais al Qarni. Umar dan Ali dipesankan untuk meminta Uwais mendoakan pengampunan bagi diri mereka.

BACA JUGA : Keutamaan Dan Manfaat Al Fatihah untuk orang sakit


Uwais al Qarni adalah seorang anak yang sangat memuliakan ibunya. Nabi Muhammad SAW:

إن خيرَ التابعين رجلٌ يقالُ له أويسٌ . وله والدةٌ . وكان به بياضٌ . فمروه فليستغفرْ لكم

Artinya: "Sesungguhnya tabi'in yang terbaik adalah seorang lelaki bernama Uwais, ia memiliki seorang ibu, dan ia memiliki tanda putih di tubuhnya. Maka temuilah ia dan mintalah ampunan kepada Allah melalui dia untuk kalian" (HR. Muslim)

Dari kutipan Hadist diatas dapat disimpulkan bahwa seorang anak wajib berbakti dan berbuat baik kepada Ibu Bapaknya. Salah satu cara untuk berbakti adalah dengan mendoakannya. Berikut Doa Ketika ibu sedang sakit :

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ اَذْهِبِ الْبَاْسَ وَاشْفِهُ وانْتَ الشَّافِى لاَ شِفَاءَ اِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا 

Allahumma robbannaasi adzhibil ba’sa wasy fihu, wa antas syaafi, laa syifaa-a illa syfaauka, syifaan laa yughaadiru saqaama. 

Artinya:

“Ya Allah, Rabb Manusia dan alam semesta, hilangkanlah kesusahan dan berikanlah dia kesembuhan, Engkau Zat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain.” 

Diriwayatkan oleh Abdullah bin Mas`ud ra. Bahwa ia berkata : Aku pernah bertanya kepada Nabi SAW `perbuatan apa yang paling disukai Allah?` Nabi menjawab` Sholat pada awal waktu`. Kemudian apa lagi? Nabi menjawab : `Berbakti kepada orang tua` Kemudian apa lagi? `Jihad di jalan Allah`

Editor: Rady
    Bagikan: