Keutamaan Dan Manfaat Istighfar Sebelum Subuh

Pendidikan —Minggu, 14 Feb 2021 01:52
    Bagikan:  
Keutamaan Dan Manfaat Istighfar Sebelum Subuh
Foto by (Ra)

POSKOTAJABAR, BANDUNG

Istighfar dalam filosofi Islam bermakna seseorang yang selalu memohon ampunan atas kesalahan dan terus berusaha untuk menaati perintah Tuhan dan tidak melanggarnya. Pengertian Istighfar lebih luas dengan juga menyertakan pengertian menutupi dosa dan kesalahan yang telah dilakukan. Waktu sahur adalah waktu di penghujung malam menjelang subuh. Keutamaannya tidak didapatkan pada waktu-waktu selainnya. Keutamaan istighfar pada waktu sahur ini karena Allah membuka selebar-lebarnya pintu ampunan, rahmah dan kemurahannya bagi hambanya yang ingin berdoa dan memohon ampun.

BACA JUGA : Doa Untuk Ibu Yang Sedang Sakit

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman

الصَّابِرِينَ وَالصَّادِقِينَ وَالْقَانِتِينَ وَالْمُنْفِقِينَ وَالْمُسْتَغْفِرِينَ بِالْأَسْحَارِ

“Orang-orang yang sabar, yang benar, yang tetap taat, yang menafkahkan hartanya (di jalan Allah), dan yang memohon ampun di waktu sahur.” (QS. Ali Imran: 17)

Keutamaan lain dari Istighfar bisa mendatangkan rezeki disebut dalam Al quran surah Nuh :

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّاراً . يُرْسِلِ السَّمَاء عَلَيْكُم مِّدْرَاراً . وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَل لَّكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَل لَّكُمْ أَنْهَاراً

 

“Aku (Nabi Nuh) berkata (pada mereka), “Beristighfarlah kalian semua kepada Tuhan kalian, sungguh Dia Maha Pengampun. Niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepada kalian. Dan Dia akan memperbanyak harta serta anak-anak kalian, juga mengadakan kebun-kebun dan sungai-sungai untuk kalian” (QS. Nuh: 10-12)

 

Editor: Rady
    Bagikan:  


Berita Terkait