8 Cara Merawat Tanaman Agar Selalu Subur, Pecinta Tanaman Wajib Tau !

Gaya Hidup —Minggu, 14 Feb 2021 10:36
    Bagikan:  
8 Cara Merawat Tanaman Agar Selalu Subur, Pecinta Tanaman Wajib Tau !
Pecinta Tanamab ( Ist )

POSKOTAJABAR, BANDUNG

Tidak hanya menjalankan hobi dan mengisi waktu luang saja, dalam merawat tanaman tidak bisa sembarangan pasalnya tanaman adalah makhluk hidup yang bernyawa, butuh teknik dan perhatian khusus agar bisa tumbuh subur. Merawat tanaman boleh jadi tren terbaru saat ini, Selain itu banyaknya peluang bisnis baru, di samping juga meningkatkan harga pasar baik untuk tanamannya, pot, hingga bahan pendukungnya. Terutama pada tanaman hias, beberapa waktu lalu sempat terjadi fenomena naiknya harga mencapai jutaan rupiah untuk sebuah Philodendron, Anthurium, Alocasia, Caladium, maupun Syngonium. Tanaman hias memang sangat banyak jenis ragamnya dan biasanya perawatannya tergantung jenisnya jadi tidak bisa menyamakan perawatan tanaman hias yang satu dengan yang lainnya. Mulai dari penyiraman, pemberian pupuk, intensitas cahaya, dan lain sebagainya. Untuk penyiraman misalnya, setiap tanaman hias memiliki kebutuhan air berbeda-beda. Ada tanaman hias yang hanya disiram saat tanah benar-benar kering, ada pula yang disiram setiap hari agar tidak mudah layu. Tentunya air memang menjadi poin penting dalam merawat tanaman hias. faktor penting lain yang mendukung kesuburan tanaman. Simak delapan cara merawat tanaman yang perlu dipahami.

BACA JUGA : Resep Makanan Enak, Roti Bakar Jhon yang Kekinian

1. Kenali Tanaman yang Cocok Untuk Anda

Bila Anda punya aktivitas sehari-hari yang padat, ada baiknya pilih tanaman yang tak memerlukan perawatan intensif. Khawatirnya, tanaman justru mati dengan cepat akibat Anda lupa menyiram atau memberinya sinar matahari. Sementara jika Anda memang penggiat dan pengoleksi tanaman, silakan saja untuk memilih jenis tanaman yang disukai.

2. Pastikan Terkena Sinar Matahari Alami Secara Cukup

Meskipun semua tanaman membutuhkan sinar matahari untuk berfotosintesis, akan tetapi tidak semua jenis membutuhkan sinar matahari selama enam jam setiap hari. Ketentuan cahaya untuk spesies tanaman bervariasi sehingga beberapa membutuhkan sinar matahari penuh, sementara yang lain tetap tumbuh subur di bawah sinar matahari parsial atau spot yang teduh.Agar tumbuh subur, cara merawat tanaman adalah dengan memberinya sinar matahari secara cukup. Merujuk artikel SF Gate, ada beberapa tanaman yang membutuhkan sinar matahari dalam jumlah yang lebih besar, namun ada juga jenis tanaman yang dapat bertahan meski mendapat sinar matahari lebih sedikit.

3. Pilih Media Tanam yang Tepat

Ada tanaman yang bagus jika ditanam di tanah, namun ada juga yang kurang ideal dengan tanah. Untuk itu, sebelum membeli suatu jenis tanaman, tanyakan kepada ahlinya terlebih dahulu terkait media tanam yang tepat. Bisa jadi, tanaman yang Anda incar lebih pas jika menggunakan sekam sebagai media tanamnya.

4. Kelembapan

Tips selanjutnya yaitu kelembapan. Kelembapan sangat penting diperhatikan agar tanaman tidak mudah layu dan bisa tumbuh subur.Sebagian tanaman tropis seperti anggrek dan pakis menyukai tingkat kelembapan yang tinggi dan cahaya tak langsung. Berbeda dengan tanaman hias kaktus yang menyukai udara kering dan cahaya terang langsung.Untuk itu Bunda mesti mengetahui jenis tanaman hias yang akan dirawat. Sehingga dapat menyesuaikan kebutuhan kelembapannya.

BACA JUGA : Ramalan Zodiak Karier Hari Minggu 14 Februari 2021, Capricorn Dihargai Atasan, Leo Tidak Puas dengan Hasil

5. Perhatikan Kecukupan Air

Cara merawat tanaman dengan penyiraman juga harus dilakukan secara merata dengan jumlah air yang pas. Perhatikan saat melakukan penyiraman, jangan sampai membuat genangan air pada pot tanaman.Terkait penyiraman pada tanaman, rata-rata membutuhkan dua kali dalam sehari yakni di pagi dan malam hari

6. Jadwal Pemupukan yang Teratur

Selayaknya makhluk hidup lain, tanaman juga butuh makan alias diberi pupuk. Ada enam nutrisi penting yang harus diketahui tentang cara merawat tanaman, yakni nitrogen, fosfor, potassium, magnesium, sulfur, dan kalsium. Masing-masing nutrisi memiliki fungsi dan manfaatnya sendiri dalam menyuburkan tanaman.

Untuk itu, mempelajari jenis pupuk yang baik juga dibutuhkan untuk memastikan tanaman bisa tumbuh subur. Berikan pupuk organik yang sesuai dengan jenis tanaman, dan hindari pemberian pupuk yang mengandung unsur kimia.

7. Bersihkan dari Debu dan Hama

Proses fotosintesis tanaman bisa jadi terhambat lantaran adanya debu dan hama yang hinggap di tanaman. Jika sudah begitu, akibatnya adalah tanaman akan cepat layu dan gagal tumbuh subur. Oleh karenanya, lakukan bersih-bersih pada tanaman secara berkala minimal seminggu sekali.

8. Ganti Pot Tanaman

Akibat pertumbuhan yang baik, tanaman akan bertambah besar maupun lebar. Ini tandanya Anda harus segera melakukan perpindahan pot agar proses pertumbuhan tanaman tetap bisa berjalan sempurna. Penggantian pot juga diperlukan apabila pot sudah terlihat tidak mampu menjaga kelembapan media tanam. ( RNY )

BACA JUGA : Bank Indonesia Kejar Target 12 Juta Merchant QRIS Tersebar di Indonesia Tahun 2021

Editor: Rani R
    Bagikan:  


Berita Terkait