Ini Dia 14 Detik Tips Bermain Media Sosial yang Baik dan Benar

Gaya Hidup —Minggu, 14 Feb 2021 12:03
    Bagikan:  
Ini Dia 14 Detik Tips Bermain Media Sosial yang Baik dan Benar
Bermain Media Sosial Ist )

POSKOTAJABAR, BANDUNG

Media sosial sudah lekat dengan kehidupan kaum milenial sat Ini. Segala hal dibagikan di media sosial mulai dari kegiatan rutin, pengalaman yang dilalui sampai hal yang bersifat personal. Kebanyakan orang ingin terlihat eksis dan bahagia di media sosial. Oleh karena itu, kebanyakan postingan yang akan kita lihat merupakan postingan bersifat happy dari kehidupan orang lain. Mereka biasanya jarang mengunggah sesuatu yang bersifat sedih.

Tapi tak jarang juga sosial media menjadi ajang curhat si pemiliknya sehingga seluruh dunia bahkan orang yang tidak dikenal akan tahu perasaan atau masalah yang tengah dilaluinya saat itu.

BACA JUGA : 8 Cara Merawat Tanaman Agar Selalu Subur, Pecinta Tanaman Wajib Tau !

1. Selektif Memilih Konten yang Akan diBaca

Semakin hari makin banyak berita kejahatan atau isu-isu politik yang bikin gerah. Agar lebih terjamin aman dan tenang selama main media sosial, pastikan hanya mem-follow akun-akun resmi yang terpercaya, yang sebisa mungkin netral, dan yang tidak menebar kebencian atau kejahatan. Maka, Anda dapat menggunakan fitur mute atau blok yang ada di kebanyakan situs media sosial untuk menyaring konten yang mau Anda baca.

2. Jaga Etika

Dalam bersosialisasi tentunya kita harus selalu memperhatikan etika, termasuk bersosialisasi melalui media sosial. Citra diri akan dikaitkan dengan apa yang kamu bagikan dan apa yang kamu tulis. Jadi tetap jaga etikamu sebaik mungkin. Jangan Asal membagikan sesuatu yang kurang sesuai.

3. Tidak share info pribadi

Jangan sampai informasi penting disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab melalu media sosial.Berhati-hatilah dalam membagikan info pribadi. Sebaiknya kamu menahan diri untuk share informasi tersebut seperti alamat rumah, nomer ponsel, kegiatan rutin kamu dan lain sebagainya yang sangat pribadi.

4. Cantumkan sumber konten

Jangan lupa untuk selalu mencantumkan sumber atas konten yang kamu bagikan apabila itu merupakan hasil karya orang lain. Kamu bisa dituduh plagiat atau mencuri konten orang lain jika posting gambar atau quote tanpa menyebutkan sumber aslinya.

BACA JUGA : Amanda Manopo Bocorkan Sinetron Ikatan Cinta, Posting Perut Besar, Andin Hamil?

5. Follow Orang terdekat yang Terpercaya

Setelah Anda cukup terbiasa, mulailah memangkas durasinya lebih ketat lagi. Dari hanya 1 jam dalam sehari sampai kira-kira hanya main media sosial hanya di waktu kosong saja. Anda tidak bisa sepenuhnya memahami atau mengubah jalan pikiran following. Beberapa orang kadang tidak menyadari ia sudah turut menyebarkan ketakutan, isu, dan bahkan kebencian kepada sesama di media sosial. Kalau sudah begini, Anda tetap bisa menyaring apa yang mau Anda lihat dan dapatkan. Namun ingat: langsung menegurnya bukanlah langkah tepat karena kemungkinan ia akan berkilah bahwa ia berhak untuk mem-posting apapun yang ia mau di media sosial. 

6. Batasi penggunaan media sosial 

Agar Anda tidak terus-terusan terpapar konten negatif yang malah membuat stres, batasilah waktu Anda untuk mengaksesnya. Terlalu lama scroll  Facebook, Twitter, atau Instagram memang asyik. Namun sayang, hobi ini lama-lama bisa bikin kecanduan. Setelah Anda cukup terbiasa, mulailah memangkas durasinya lebih ketat lagi. Dari hanya 1 jam dalam sehari sampai kira-kira hanya main media sosial hanya di waktu kosong saja. 

7. Jauhi SARA dan HOAX

SARA adalah pandangan atau tindakan yang di lakukan berdasarkan sentimen atas identitas spesifik yang meliputi suku, agama, ras dan antar golongan.Sementara HOAX adalah pemberitaan palsu yang tidak benar tetapi dibuat seolah-olah benar. Pastikan konten yang kamu bagikan di media sosial tidak mengandung unsur SARA dan HOAX. 

8. Berhati-hati menyebarkan berita

Anda mungkin menganggap bahwa konten atau posting-an yang Anda sebarkan itu baik untuk disebarluaskan ke khalayak ramai. Namun, tidak semua orang punya opini dan pendapat yang sama seperti Anda. Tidak semua orang pula memiliki kepentingan dan minat yang sama dengan Anda terhadap isi konten. Jadi, Anda sendiri juga perlu berhati-hati dalam menebar konten agar tetap aman main sosial media. Sebarluaskanlah info dan konten yang netral dan pasti bermanfaat positif buat orang banyak.( Rny )

Editor: Rani R
    Bagikan:  


Berita Terkait