8 Tips Merawat Rambut Rusak, Agar kembali Sehat dan Berkilau

Gaya Hidup —Minggu, 14 Feb 2021 14:17
    Bagikan:  
8 Tips Merawat Rambut Rusak, Agar kembali Sehat dan Berkilau
Ilustrasi Rambut Kering ( Ist )

POSKOTAJABAR, BANDUNG

8 Tips Merawat Rambut Rusak, Agar kembali Sehat dan Berkilau ,- Rambut merupakan mahkota wanita yang harus dijaga kesehatannya, bukan hanya terlihat indah saja. Kriteria rambur sehat setiap orang tentunya berbeda-beda, tetapi umumnya rambut sehat adalah rambut yang memiliki kilau alami, terlihat lembut, tidak mudah rontok, tidak bercabang, tidak berketombe, dan bebas dari berbagai masalah rambut lainnya.

8 Tips Merawat Rambut Rusak, Agar kembali Sehat dan Berkilau ,-Memiliki rambut hitam, panjang, dan tebal menjadi dambaan setiap orang, khususnya para wanita. Banyak cara dilakukan seseorang hanya untuk mendapatkan rambut indah sesuai keinginan. Maka tak heran apabila seseorang dengan masalah rambut, selalu berusaha mencari cara untuk mengatasinya. Misal yang memiliki masalah rambut tipis yang mengakibatkan kerontokan. Seseorang bisa menghabiskan banyak biaya demi mendapatkan rambut indah, tebal dan, tidak rontok.

Untuk Anda yang ingin memiliki rambut sehat, panjang dan tebal dengan cara alami yang sudah pasti murah, sebaiknya simak 8 cara merawat rambut agar lebih sehat, panjang dan tebal.


BACA JUGA : Minuman Segar, Resep Smoothie Mango and Chia Milkshake


1.Menggunakan Minyak Kelapa


Hasil gambar untuk minyak kelapa


Cara merawat rambut rusak secara alami yang pertama yaitu menggunakan minyak kelapa. Beberapa kandungan pada minyak kelapa berfungsi efektif dalam menjaga dan melindungi kesehatan rambut. minyak kelapa mengandung lemak tak jenuh yang berperan penting dalam melindungi kesehatan kulit kepala agar rambut terhindar dari kekurangan protein. 

Caranya cukup mudah, oleskan minyak kelapa ke kulit kepala secukupnya, kemudian pijat pelan-pelan dan lakukan secara teratur.


2. Menggunakan Masker Rambut


Rutin menggunakan masker rambut dapat memperkaya nutrisi dan menjaga kelembapan kulit kepala. Anda dapat membuat masker sendiri di rumah untuk perawatan rambut alami menggunakan bahan-bahan, seperti lidah buaya, madu, hingga pisang. Rambut berminyak dan rambut kering memiliki jenis masker yang berbeda. Maka dari itu, pahami kandungan apa yang baik untuk kedua jenis rambut tersebut sebelum membuat masker rambut.


3. Menggunakan Lidah Buaya


Hasil gambar untuk lidah buaya untuk rambut halosehat


Manfaat lidah buaya untuk kecantikan memang sangat beragam. Kebaikan ini muncul berkat aloe vera yang mengandung banyak vitamin (vitamin A, C, E, B12), asam amino esensial, asam lemak, serta mineral tembaga dan zinc.Tak heran apabila banyak manfaat aloe vera untuk rambut yang juga bisa Anda dapatkan berkat kandungan tersebut. Mulai dari mengatasi rasa gatal, menguatkan helai rambut, hingga menambah kilauan rambut. 


BACA JUGA : Jembatan Ambles, Jalur Lalu-lintas Haurgeulis – Gantar Indramayu Terputus

4. Menghindari Sinar Matahari


Sinar matahari dan polusi dapat merusak dan membuat rambut kering serta bercabang atau pecah-pecah. Untuk itu, saat berada di luar, gunakan pelindung kepala seperti topi atau coba gaya rambut ikat agar tak terpampang sinar matahari secara langsung. Anda juga bisa mengoleskan sunscreen khusus rambut. Sebuah studi mengungkapkan bahwa penggunaan tabir surya khusus rambut dapat guna melindungi helaian rambut dari paparan sinar matahari. 


5. Batasi Cantokan dan Pengering Rambut

Cara merawat rambut berikutnya adalah membatasi penggunaan catokan dan alat pengering rambut.Memang, rasanya sulit untuk tidak menggunakan catokan ataupun pengering rambut. Namun, menggunakan alat-alat tersebut dapat melemahkan rambut, terutama bagi Anda dengan rambut yang halus, kering, dan rapuh.Jika Anda menggunakan pengering rambut, para ahli menyarankan agar alat tersebut berjarak sekitar 15 cm dari permukaan rambut. Selalu gerakkan pengering dan jangan terkonsentrasi pada satu titik saja

Hindari penggunaan catokan atau pengering rambut setiap hari. Anda bisa membatasi penggunaan alat-alat tersebut 2-3 kali dalam seminggu untuk memulihkan kekuatan rambut setelah dicatok.


6. Menggunakan Vitamin

Manfaat vitamin rambut bisa beragam sesuai dengan kebutuhan kamu. Hal ini tentunya sangat penting, apalagi untuk wanita. Bagi seorang wanita, rambut merupakan mahkota yang harus selalu dijaga kesehatan dan kecantikannya.

Manfaat vitamin rambut dapat membuat penampilan semakin menarik dan enak dipandang. Hal ini terutama bisa didapatkan dari vitamin E yang memang memiliki kelebihan untuk kulit kepala. Pilihlah vitamin rambut yang sesuai dengan perawatan yang kamu butuhkan. Waktu terbaik memberi rambut asupan vitamin adalah setelah keramas mulai dari tengah hingga ke ujung rambut. Rambut yang masih setengah basah akan lebih mudah menyerap nutrisi, sehingga kilaunya akan tetap terjaga


BACA JUGA: Pedagang Pasar Kota Cimahi Diberikan Vaksinasi Covid-19


7. Hindari Air Yang Terlalu Panas

Anda bisa menerapkan tips merawat rambut dengan membasahi rambut menggunakan air hangat (bukan panas). Kemudian, bilas dengan air sejuk (bukan dingin). Hindari membasahi rambut dengan air yang terlalu panas atau terlalu dingin karena dapat merusak mahkota kepala Anda.


8. Potong Rambut Secara Rutin

Memotong rambut adalah cara merawat rambut yang perlu diperhatikan. Waktu yang disarankan untuk memotong rambut, yakni setiap 10-12 minggu. Memotong rambut secara berkala bisa merawat rambut agar sehat sekaligus mencegah rambut bercabang.(Rny) 

Editor: Rani R
    Bagikan:  


Berita Terkait