8 Jenis Kucing Peliharaan yang Jadi Favorit Keluarga di Rumah

Gaya Hidup —Minggu, 14 Feb 2021 15:07
    Bagikan:  
8 Jenis Kucing Peliharaan yang Jadi Favorit Keluarga di Rumah
Jenis Kucing Himalaya ( Ranialzena )

POSKOTAJABAR, BANDUNG

Banyak pilihan hewan peliharaan yang bisa kamu rawat, misalnya saja anjing, burung, ikan, kucing, kelinci, dan banyak lainnya. Nah, salah satu binatang yang paling digemari, yaitu kucing. Kucing tergolong hewan yang penyayang, lucu serta menggemaskan. Hewan ini ternyata dapat meningkatkan mood dan menghilangkan stres si pemiliknya dengan tingkah menggemaskannya. Dengan memelihara hewan peliharaan, kamu juga bisa belajar tentang tanggung jawab. Misalnya harus rutin dan tepat waktu memberi makan hewan peliharaan. Bicara soal kucing peliharaan, tentu ada banyak macamnya. Kucing peliharaan sendiri dipilih karena mampu bersahabat dengan orang. Karena bentuk tubuhnya yang dipenuhi bulu indah dan lebat membuat anak-anak hingga orang dewasa menyayangi hewan, serta warnanya yang unik menbuat siapapun ingin memeliharanya. Nah bagi kamu yang ingin mempunyai hewan peliharaan kucing, berikut ini 8 jenis kucing yang menjadi favorit peliharaan di rumah.

BACA JUGA : 8 Tips Merawat Rambut Rusak, Agar kembali Sehat dan Berkilau

1. Kucing Ragdoll.

unsplash

Untuk penampakan fisiknya kucing Ragdoll hampir mirip dengan kucing Siam dan Persia. Wajahnya imut dengan pipi yang bulat, sifatnya tenang, serta penyayang. Kamu juga harus sering menyisir bulunya karena memiliki bulu lebat mirip dengan kelinci. Kucing Ragdoll berasal dari Amerika Serikat. Dinamakan Ragdoll karena memiliki sifat yang jinak. Ketika kamu mengangkat jenis kucing peliharaan ini tampak lemas dan lunglai, sama seperti sebuah boneka kain.

2. Kucing Mainecoon

unsplash

Tipe kucing Maine Coon termasuk sangat cerdas dan menyukai berada di dekat manusia. Bahkan mereka akan menikmati perhatian kamu dengan banyak "mengeong" untuk meresponsnya. Selain terkenal, kucing Maine Coon juga menjadi salah satu ras kucing terbesar. Pembawaannya yang sangat ramah cocok menjadi hewan peliharaan di rumah. Kucing jenis ini bisa tinggal dengan jenis kucing lain, bahkan anjing sekalipun.

3. Kucing Siam (Siamese).

unsplash

Kucing Siam memiliki tubuh yang ramping, ekor yang panjang, mata berwarna biru, bulunya pendek, dan memiliki titik gelap. Tak hanya itu, kucing Siam ini suara yang lembut, cerdas, dan lincah. Kucing ini juga sangat penyayang ketika kamu tanggap terhadap kebutuhannya.Kucing Siam atau Siamese ini berasal dari Thailand. Dulu kucing ini mulai dikenal saat kemunculan pertama kali di Eropa, yang pada saat itu diberikan pada Duta Besar Inggris di Thailand pada abad 18.

4. Kucing Persia

unsplash

Salah satu jenis kucing peliharaan yang paling terkenal dan banyak dicari adalah kucing Persia. Kucing ini memiliki ciri khas rambut yang panjang, lebat, dan berwajah bulat, serta hidungnya yang pesek. Untuk memelihara kucing ini pastinya kamu harus menyisihkan anggaran yang cukup untuk perawatannya. Kucing Persia termasuk peranakan yang membutuhkan perawatan rutin. Nggak heran kalau kucing ini kebanyakan berperilaku manja, penyayang, dan setia. Kucing Persia memiliki beberapa jenis lagi lho, di antaranya, Persia Peaknose, Persia Flatnose, Persia Himalaya, dan Persia medium.

BACA JUGA : Bertugas Tidak Pakai Pelampung, Seorang Pegawai UPK Kali Tewas Tenggelam di Kali Ciliwung

5. British Shorthair

Unpslash

Wajah bulat, pipi tembam, bulu tebal empuk dan halus, siapa yang nggak tahan melihatnya? Sifatnya yang manja dan santai menjadikannya salah satu kucing terfavorit untuk dipelihara. British shorthair juga dikenal memiliki sifat yang lebih ramah untuk anak-anak maupun hewan lain yang ada di satu tempat dengannya.

BACA JUGA : 8 Penyakit yang Sering Menyerang Kucing Saat Musim Hujan, Pecinta Kucing Wajib Tau…

6. Kucing kampung atau domestik.

unsplash

Siapapun mungkin tahu kucing kampung karena sering terlihat di jalan kota, gang, hingga depan rumah. Kucing domestik memiliki dua jenis, yaitu berbulu pendek dan berbulu panjang. Kucing ini begitu mudah dijumpai di Indonesia, biasanya ras ini hanyalah 1 persen dari seluruh kucing di dunia. Sisanya adalah kucing dengan keturunan campuran seperti kucing liar dan kucing kampung.

7. Scottish Fold

unsplash

Sifatnya yang manis, sopan dan mudah bersahabat dengan manusia, membuatnya jadi peliharaan favorit. Mereka juga dikenal memliki suara yang lembut. Ciri khas kucing Scottish fold yang paling berbeda dengan kucing lain ialah telinganya yang terlipat memberikan mereka terlihat seperti burung hantu.

8. Kucing Sphynx

Unaplash

Meskipun sifat mereka terbilang memiliki banyak energi, ceria dan senang menjadi pusat perhatian, mereka nggak bisa tinggal di luar ruangan, ya, Bela! Karena kulitnya terekspos tanpa bulu melindungi maka harus dilindungi dari berbagai elemen apapun.Termasuk jenis yang langka, kucing ini nggak memiliki bulu sama sekali sehingga memperlihatkan kulitnya yang berkerut dan telinga besar.(RNY)

Editor: Rani R
    Bagikan:  


Berita Terkait