8 Cara Ampuh Menghilangkan Kutu Kucing Secara Alami

Gaya Hidup —Minggu, 14 Feb 2021 16:58
    Bagikan:  
8 Cara Ampuh Menghilangkan Kutu Kucing Secara Alami
Kucing ( Ist )

POSKOTAJABAR, BANDUNG

Cara Ampuh Menghilangkan Kutu Kucing Selain jadi pembawa penyakit untuk Kucing, kutu kucing juga bisa bikin kulitmu gatal-gatal. Belum lagi, saat luka garukan dari kutu kucing itu membekas. Kulitmu pun jadi nggak kelihatan mulus lagi. Tapi, jangan buang kucingmu! Dikarenakan ada banyak cara menghilangkan kutu kucing. Kamu bisa menghilangkan kutu kucing di rumah dengan peralatan seadanya. Jika kamu berpikir cara menghilangkan kutu kucing hanya bisa dilakukan oleh dokter hewan, artinya kamu belum benar-benar paham soal kucing. Memiliki hewan peliharaan seperti kucing adalah sebuah hal yang menyenangkan. Hampir segala jenis aktivitas dan interaksi dengan kucing selalu terasa menyenangkan layaknya sebuah hiburan. Kecuali ketika kucing sakit atau terserang kutu, Gangguan kecil ini tak hanya menyebalkan bagi kucing tetapi juga bagi manusia, terutama anak-anak karena kutu kucing juga bisa berdampak buruk bagi kulit manusia apalagi yang kulitnya sangat sensitif. Banyak cara alami dan ampuh untuk mengatasi masalah ini, Berikut Cara Ampuh Menghilangkan Kutu Kucing 

BACA JUGA : 8 Jenis Kucing Peliharaan yang Jadi Favorit Keluarga di Rumah

1.  Rajin Memandikan Kucing Dengan Shampo Khusus 

unsplash

Kucing memang tidak terlalu suka mandi. Sebenarnya, kamu juga nggak wajib-wajib amat buat memandikan si meong. Tapi, lain soal kalau dia terkena kutu. Untuk menghilangkan kutu di badan kucingmu, memandikan kucing dengan shampoo kucing. Pilihlah shampoo kucing dengan kandungan formula yang bisa membunuh kutu.


2. Pakai Obat Kutu

Seperti halnya manusia, ketika kucing kutuan maka mereka pun butuh obat kutu khusus untuk menyembuhkannya. Cara ini pun bisa dilakukan di rumah dengan mudah dan kucingmu tak perlu dibawa ke dokter hewan. Kebanyakan obat kutu kucing tersedia bentuk spray ataupun cair seperti obat detick obat kutu kucing. Ada yang aman buat dijilat kucing, ada yang punya kandungan keras sehingga bahaya kalau si meong sampai menjilatnya.

3. Semprotkan Air Cuka

unsplash

Cara menghilangkan kutu kucing dengan air cuka cukup mudah, kamu hanya perlu membuatnya dari campuran air cuka dan air biasa dengan komposisi 50:50. Campuran tersebut kemudian dihangatkan dengan api sedang dan setelah itu tinggal digunakan sebagai semprotan untuk kucing.

4. Semprot Air Lemon

Tokopedia

Membuat obat dari air lemon sebagai cara menghilangkan kutu kucing pun cukup mudah dilakukan. Kamu hanya perlu sebuah lemon berukuran sedang yang dipotong jadi empat bagian kemudian dicampurkan ke air mendidih. Setelah itu, diamkan semalaman baru kemudian disaring keesokan harinya. Air tersebut bisa digunakan sebagai bahan semprotan untuk menghilangkan kutu kucing.

BACA JUGA : 300 Paket Bantuan Presiden Diserahkan Forkopimcam Haurgeulis Indramayu untuk Korban Banjir

5. Bersihkan Tempat Tidur Si Meong Secara Rutin

Selain menghilangkan kutu yang hinggap di badan kucing kamu juga harus pastikan kebersihan tempat tidur kucingmu. Soalnya, bisa jadi kutu yang bandel tersebut berpindah ke tempat tidur si meong. Membersihkan tempat tidurnya juga bantu melenyapkan telur kutu kucing yang jatuh di area tersebut. Kamu bisa membersihkannya dengan cara menggunakan penyedot debu. Tapi, lebih ampuh lagi kalau kamu mencucinya dengan air panas. Itu ditujukan untuk membunuh kutu kucing beserta telur-telurnya.

6. Bilas dengan Air Garam

unsplash

Masih dengan bahan-bahan rumah tangga, garam untuk penyedap makanan juga ternyata bisa dijadikan obat kutu kucing, Khasiat air garam disebut dapat menghilangkan kutu kucing dan juga memberantas larva atau telur kutu kucing. Caranya cukup dengan membuat larutan air garam dengan air hangat dan kemudian gunakan untuk merendam atau membilas kucing dengan air tersebut. Tapi pastikan jangan sampai air terlalu panas dan terlalu banyak ya, agar tak membuat kucing tersiksa.

7. Jangan Lupa Vaksin

Biasanya, vaksin sangat direkomendasikan untuk kucing dan hewan peliharaan lainnya sejak mereka masih berusia kecil. Ada berbagai jenis vaksin yang biasanya dipakai, dari mulai vaksin anti jamur, vaksin anti kutu, dan vaksin lainnya.Untuk kebutuhan ini, kamu perlu mengomunikasikannya langsung dari dokter hewan agar mendapatkan pilihan dan saran terbaik.

8. Rajin Menyisir Bulu Kucing

Menyisir bulu kucing, terutama dengan sisir khusus kucing dapat membantu mengentaskan sisa-sisa kutu yang masih tersisa di tubuh kucing. Berbeda dengan kegiatan memandikan kucing, aktivitas menyisir kucing bisa dilakukan serutin mungkin agar kucing makin bersih.Selain itu, kamu juga bisa menambah perawatan dengan tanah diatom yang bisa didapatkan di petshop. ( Rny )

BACA JUGA 126 Calon P3K Sampai Saat Ini Belum Dilantik, Satu Orang Keburu Meninggal



Editor: Rani R
    Bagikan:  


Berita Terkait