PT KAI Daop II Siapkan Gerai Pemeriksaan Covid-19 Berbiaya Murah Rp 20 Ribu

Jawa Barat —Minggu, 14 Feb 2021 17:23
    Bagikan:  
PT KAI Daop II Siapkan Gerai Pemeriksaan Covid-19 Berbiaya Murah Rp 20 Ribu
Manajer Humas Daop II Kuswardojo di Stasiun Bandung Jl Stasiun Barat, Kota Bandung, Minggu, (14/2/2021).(foto:aris)
POSKOTAJABAR, BANDUNG
PT Kereta Api Daop II, mulai Senin 15 Februari 2021, besok menyiapkan tiga gerai pemeriksaan Covid-19 berbiaya murah, hanya Rp 20 Ribu per orang. Namanya GeNoSe C19 atau Gajah Mada Elektronik No.19.

"Alat pendeteksi virus dengan hembusan nafas ini, akurasinya sangat tinggi, mencapai 95 persen," kata Manajer Humas Daop II Kuswardojo di Stasiun Bandung Jl Stasiun Barat, Kota Bandung, Minggu, (14/02/2021).

Kuswardojo menjelaskan penggunaan GeNoSe bagi penggunaka moda transportai kereta api merupakan tindak lanjut dari surat edaran (SE) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) No 20/2021. 

Salah satu syarat dari SE Kemenhub tersebut adalah pengguna jasa kereta api harus memiliki surat keterangan negatif Covid-19.

Dengan adanya teknologi pemeriksaan Covid-19 terbaru ini, jelas Kuswardojo, calon penumpang bisa memilih akan menggunakan metode pemeriksaan kesehatan GeNose atau Rapid Tes Antigen.

"Untuk tahap awal, pemeriksaan kesehatan dengan GeNose hanya tersedia di Stasiun Bandung. Harapannya, ke depan juga akan tersedia di stasiun stasiun lainnya," jelasnya.

Kuswardojo juga mengatakan, walau sudah tersedia gerai pemeriksaan GeNoSe tetapi gerai 
Rapid Antigen masih tetap apa.

"Lokasinya berdampingan, di gate Utara Jl Kebon Kawung," katanya.


GeNoSe yang dimiliki PT KAI Daop II ada empat unit. Untuk tahap pertama hanya akan digunakan tiga unit dahulu

"Yang satu unit sisanya untuk cadangan. Karena alatnya sangat sensitif. Tentunya kita tidak berharap alat yang kita pakai ini terpengaruh oleh udara sekitar. Jadi penggunaannya harus di area yang memiliki udara bersih," terangnya.

Selain biayanya murah, tes kesehatan dengan menggunakan GeNose juga cepat. Hanya butuh waktu sekitar tiga menit. 

Syarat Pemeriksaan Kesehatan dengan GeNoSe

Kuswardojo juga menjelaskan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi calon penumpang sebelum melakukan pemeriksaan menggunakan GeNoSe C19. 

Syarat Syarat pertama sebelum tes menggunakan GeNoSe harus dalam kondisi sehat, dan sudah mengantongi tiket perjalanan kereta api. 

"Penumpang juga dilarang merokok, makan, dan minum (kecuali air putih) selama 30 menit sebelum dites," pungkasnya. (Aris)



Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait