Wapres Berkunjung ke Karawang, Korban Banjir Karangligar Berharap Dapat Solusi

Jawa Barat —Minggu, 14 Feb 2021 19:00
    Bagikan:  
Wapres Berkunjung ke Karawang, Korban Banjir Karangligar Berharap Dapat Solusi
Wapres Ma'ruf Amin meninjau lokasi banjir di Karawang. (foto:ist)

POSKOTAJABAR, KARAWANG.

Kujungan Wakil Presiden Ma'ruf Amin ke korban banjir di Karawang, tepatnya Desa Karangligar Kecamatan Telukjambe,  Sabtu (13/02/21)  diharapkan membawa solusi atas banjir yang rutin melanda di wilayah tersebut setiap tahun.
Warga Desa Karangligar berharap Ma'ruf Amin tidak hanya melihat langsung korban banjir. Namun juga dapat memberikan solusi bagi warga yang sudah 14 tahun menjadi langganan banjir.

Diketahui, sejak 2007 Desa Karangligar menjadi daerah banjir paling parah di Kabupaten Karawang dengan ketinggian air mencapai atap rumah.

Salah seorang tokoh masyarakat Desa Karangligar,  Asep Saepuloh mengatakan,kunjungan Wapres ke Desa Karangligar diharapkan memberikan solusi atas masalah banjir yang dihadapi warga Karangligar setiap tahunnya. Ketinggian banjir yang mencapai atap rumah sudah membuat ribuan warga desa menderita setiap tahunnya.

"Sudah 14 tahun kami menderita seperti ini. Pemerintah harus dapat memberikan solusi agar kami bisa hidup tenang, " kata Asep Saepuloh, Minggu (14/02/21).

Menurut Asep permalahan banjir di Desa Karangligar disebabkan oleh luapan sungai Cibeet yang tumpah ke permukiman warga. Oleh karena itu pemerintah harus menormalisasi sungai Cibeet.

"Kalau berharap dari Pemkab Karawang sulit karena pasti membutuhkan biaya besar. Kami berharap pemerintah pusat yang mengambil alih masalah ini, " ujarnya.

BACA JUGA : Jembatan Ambles, Jalur Lalu-lintas Haurgeulis – Gantar Indramayu Terputus


Asep mengungkapkan,  selain normalisasi sungai Cibeet,  masalah lain yaitu permukaan tanah mengalami penurunan 1 centimeter setiap tahunnya. Berdasarkan hasil penelitian dari IPB disebutkan adannya penurunan permukaan tanah. 

"Kami belum tahu sebabnya karena pihak pemerintah juga tidak menjelaskan lebih lanjut, "katanya.

Menurut Asep, warga sangat berharap kunjungan Wapres memberikan angin segar untuk kedepannya. Oleh karena itu dia berharap Wapres mau berdialog dengan warga dan memberikan solusinya.

"Itu harapan kami agar Wapres bisa memberikan solusi, " katanya.(asl)


BACA JUGA : Melompat Dari Lantai 6 Parkiran Mobil Sebuah Apartemen, Pria Tanpa Identitas Tewas Mengenaskan, Diduga Bunuh Diri


Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait