Dua Napi Korupsi Lapas Kelas I Sukamiskin, Mantan Gubernur Jambi Zumi Zola dan Eks Hakim MK Patrialis Akbar, Positif Covid-19

Jawa Barat —Minggu, 14 Feb 2021 20:58
    Bagikan:  
Dua Napi Korupsi Lapas Kelas I Sukamiskin, Mantan Gubernur Jambi Zumi Zola dan Eks Hakim MK Patrialis Akbar, Positif Covid-19
Mantan Gubernur Jambi, Zumi Zola, positif Covid-19. (MSN)

POSKOTAJABAR, BANDUNG

Sebanyak 60 narapidana (napi) korupsi di Lapas Kelas I Sukamiskin Jl Abdul Haris Nasution Kota Bandung, terkonfirmasi positif Covid-19. Dua diantaranya, Mantan Gubernur Jambi, Zumi Zola, dan Eks Hakim Mahkamah Konstitusi (MK), Patrialis Akbar.

Kepala Lapas (Kalapas) Sukamiskin, Asep Sutanda, membenarkan ada 60 warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang terjangkit positif Covid-19. “Yang masuk awal 51 orang (baca --napi). Seminggu kemudian, tambah sembilan orang,” kata Asep Sutanda, Minggu (14/02/2021).

BACA JUGA:  Secara Kumulatif Nasional, Tingkat Penularan Covid-19 Dinilai Mengalami Penurunan

Asep menjelaskan, rata-rata WBP Lapas Sukamiskin yang terjangkit Covid-19 adalah orang tanpa gejala (OTG). Jadi, sejauh ini tidak ada keluhan. "Insya Allah akan kembali normal, tergantung kondisi fisiknya," ujarnya.

Soal penanganan terhadap WBP terjangkit Covid-19, Asep mengatakan, Lapas Sukamiskin berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung. Swab masal yang dilakukan Kamis (04/02/2021) lalu, merupakan bagian dari langkah pencegahan.

“Warga binaan pemasyarakatan di kami rata-rata usia di atas 50 tahun. Jelas yang memiliki penyakit penyerta harus dirawat, agar ditangani maksimal. Untuk yang orang tanpa gejala, isolasi mandiri dengan pengawasan dokter dan Satgas Covid Kota Bandung,” katanya.

BACA JUGA:  Ketua Fraksi PAN Minta Labelisasi Radikal Terhadap Mantan Ketua Umum Muhammadiyah Din Syamsuddin Segera Dicabut

Asep juga mengatakan, data napi positif terkonfirmasi Covid-19 juta terus mengalami perubahan. Ada yang awalnya dites positif, saat dites ulang ternyata negatif. "Begitupun sebaliknya, yang tadinya negatif di antigen positif," ungkapnya.


Mantan Hakim MK, Patrialis Akbar, positif Covid-19 di Lapas Sukamiskin Bandung. (Gooto)


Berdasarkani informasi yang dihimpun, selain Zumi Zola dan Patrialis Akbar, yang sebelumnya menjadi pasien Covid-19 lainnya adalah eks anggota DPR dari Partai Golkar, Budi Supriyanto, mantan Sekda Kota Bandung, Edi Siswadi, dan mantan Walikota Bandung, Dada Rosada. (Aris)

Editor: Setiawan
    Bagikan:  


Berita Terkait