Waktu Yang Dilarang Untuk Sholat

Pendidikan —Selasa, 16 Feb 2021 04:41
    Bagikan:  
Waktu Yang Dilarang Untuk Sholat
foto, infobaru.id

POSKOTAJABAR, BANDUNG

Sholat merupakan ibadah wajib yang harus dilaksnakan seluruh umat muslim. Begitu pentingnya sholat hukum meninggalkan sholat menurut jumhur ulama adalah termasuk dosa besar dan dosanya lebih besar dari dosa membunuh, merampas harta orang lain, berzina, mencuri, dan minum minuman keras. Bahkan diriwayatkan dalam sebuah hadist:

BACA JUGA : Hikmah Sholat 2 Rakaat Sebelum Subuh

“Sesungguhnya antara seseorang dengan kesyirikan dan kekufuran adalah meninggalkan shalat.” (HR. Muslim no. 242)

Perlu diketahui ada waktu-waktu dimana kita dilarang untuk mengerjakan sholat yaitu Setelah shubuh sampai terbitnya matahari dan Setelah ‘Ashar sampai matahari menguning (hampir tenggelam). Hadits Ibnu ‘Abbas ra, ia berkata, “Beberapa orang yang aku percaya dan dipercaya oleh Umar bersaksi bahwa Nabi Saw melarang sholat setelah Shubuh sehingga matahari terbit dan sesudah ‘Ashar sehingga matahari tenggelam.” (HR. al-Bukhari dan Muslim)

 BACA JUGA : Baca Doa Kurb Ketika Berada Dalam Kondisi Sangat Sulit

“Kerjakan sholat Shubuh, kemudian jangan kerjakan sholat hingga matahari terbit dan meninggi. Karena (saat itu) matahari terbit di antara dua tanduk syetan dan saat itu pula orang-orang kafir bersujud kepadanya. Setelah itu silahkan mengerjakan sholat (sunnah) karena sholat itu disaksikan dan dihadiri (oleh Malaikat) sehingga bayangan tegak lurus (tengah hari).

(Saat itu) jangan kerjakan sholat, karena neraka sedang dinyalakan. Jika bayangan telah condong, silahkan kerjakan sholat karena shalat disaksikan dan dihadiri (oleh Malaikat) sehingga engkau mengerjakan.(Ra) 

Editor: Rady
    Bagikan:  


Berita Terkait