Bupati Kabupaten Bandung Barat Tinjau Posko Tangguh Desa Cibodas dan Lembang

Jawa Barat —Selasa, 16 Feb 2021 13:44
    Bagikan:  
Bupati Kabupaten Bandung Barat Tinjau Posko Tangguh Desa Cibodas dan Lembang
Bupati Kabupaten Bandung Barat H.Aa Umbara Sutisna, S.Ip, didampingi Kapolres Cimahi AKBP Indra Setiawan, dan Dandim 0609 Cumahi Letkol KAV Togi Wahyudi sedang meninjau Posko Desa Tangguh Lembang. (fo

POSKOTAJABA, NGAMPRAH.

Bupati Kabupaten Bandung Barat H. Aa Umbara Sutisna, S.Ip, Kepala Polisi Resort (Kapolres) Kota Cimahi, AKBP Indra Setiawan dan Komandan Distrik Militer (Dandim) 0609/Cimahi Letkol KAV Togi Wahyudi, meninjau Posko Tangguh Desa Cibodas dan Desa Lembang.

Menurut Aa Umbara, dengan adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro,  mengintruksikan agar semua desa di wilayah Kabupaten Bandung Barat, untuk menjadi Desa Tangguh termasuk juga semua RT / RW yang berzona hijau.

"Desa tersebut terdiri dari 165 Desa, kami instruksikan untuk menjadi Kampung Tangguh. Mari kita hijaukan kesehatan warga semua," ujar Aa Umbara usai meninjau Posko Terpadu Desa Cibodas dan Desa Lembang, Kecamatan Lembang..

Tujuan dari peninjauan tersebut, kata Umbara, sebagai kesiapan prasarana yang ada di desa, apakah sudah sesuai dengan instruksi Mendagri No 3 Tahun 2021 tentang PPKM mikro atau belum dan perkembangan kasus sebagai implementasi protokol kesehatan di masyarakat.

Umbara pun sangat  mengapresiasi dengan langkah-langkah yang dilakukan Desa sehingga semua wilayahnya menjadi zona hijau. 

Dengan cara sebagai desa tangguh, hal ini dapat ditularkan ke Desa-Desa lainnya di Kabupaten Bandung Barat, 

"Supaya tidak ada lagi kasus Covid-19. Apalagi ada rencana di setiap RW Desa Cibodas akan dibangun Posko COVID-19 supaya pandemi Corona didesa yang tangguh tidak ada lagi," kata Umbara..

Umbarapun mengakui, dengan adanya PPKM Mikro tersebut, adalah cara yang sangat efektif untuk menekan kasus COVID-19 dan rencana pembuatan posko Covid-19 di setiap RW adalah langkah yang baik, apalagi Cibodas ini termasuk Desa wisata yang banyak dikunjungi wisatawan, sehingga diharapkan bisa memutuskan mata rantai munculnya kasus COVID-19. 

"Saya mengharapkan posko Covid-19 di setiap RW juga harus dilakukan di 165 desa yang ada di Kabupaten Bandung Barat,” tuturnya.

BACA JUGA : Sikapi Tuntutan Warga Pamotan, Muspika Kalipucang Kabupaten Pangandaran akan Bentuk Tim Investigasi


Indra Setiawan, selaku Kapolres Cimahi, sebelumnya juga berharap, agar semua RT / RW di wilayah Kabupaten Bandung Barat, dapat menjadi wilayah zona hijau. 


"Jika semua berwarna hijau, untuk pembukaan tempat pariwisata akan menjadi pertimbangan Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bandung Barat,“ Jelas Indra.

Tidak hanya desa Cibodas saja yang jadi pantauan Bupati KBB, bahkan termasuk Posko Desa Lembangpun jadi pantauan Umbara juga Kapolres dan Dandim.

Seperti yang diungkapkan oleh  Kepala Desa Cibodas, Dindin Sukaya, menurut Dindin, sekarang pihaknya akan membangun posko Covid-19 di 17 RW, lengkap dengan tempat cuci tangan, penyemprotan disinfektan dan sterilisasi, 

"Dengan anggaran yang dipersiapkan sekitar Rp 120 jt, untuk penanganan Covid-19, dana anggaran tersebut dari kas Pemerintah Desa Cibodas  8%, seluruh anggaran Desa diperuntukan untuk penanganan Covid-19,” papar Dindin.

Sedangkan untuk penanganan Covid-19 di Desa Lembang, menurut Kepala Desa Lembang Yono Maryono, bahwa penanganannya sudah lama dilaksanakan, sejak instruksi Mendagri No. 3 Tahun 2021.

Dalam masalah penanganannya, pihaknya, sudah memberikan surat penugasan kepada gugus tugas tingkat RT dari bulan Maret 2020,

"Kami sudah melaksanakannya, maka dari itu, sejak dilaksanakannya gugus tugas tingkat RT Alhamdullilah Desa Lembang dilihat dari grafik udah zona hijau, tapi memang di Desa Lembang juga masih ada beberapa orang yang masih kena sekitar 10 orang di tiga RT, mudah-mudahan bulan Maret  tidak ada lagi yang terrpapar,” katanya. (Bagdja)


BACA JUGA : Pemerintah Membuka Lowongan Kerja untuk Sekitar 1,3 Juta CPNS

 




Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait