Jangan Bicara Saat Adzan Berkumandang

Pendidikan —Rabu, 17 Feb 2021 01:38
    Bagikan:  
Jangan Bicara Saat Adzan Berkumandang
foto, blogspot.com

POSKOTAJABAR, BANDUNG

Adzan dari segi bahasa berarti pengumuman atau pemberitahuan. Adzan merupakan panggilan ibadah bagi umat Islam untuk menunaikan salat fardu. Adzan dikumandangkan oleh seorang muazin dari mesjid setiap memasuki waktu lima waktu salat. Adzan mulai disyariatkan pada tahun kedua Hijriah. Mulanya, pada suatu hari Nabi Muhammad saw mengumpulkan para sahabat untuk memusyawarahkan bagaimana cara memberitahu masuknya waktu salat dan mengajak orang ramai agar berkumpul ke masjid untuk melakukan salat berjemaah.

BACA JUGA : Waktu Yang Dilarang Untuk Sholat

Karena Adzan merupakan panggilan Allah pada hamba-Nya yang muslim untuk melaksanakan kewajiban ibadah salat, Maka diserukan kepada setiap umatnya agar tidak berbicara saat adzan sedang dikumandangkan. 

sebagaimana sabda Rasulullah SAW dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim: "Apabila kalian mendengar adzan, maka ucapkanlah seperti yang sedang diucapkan muazin."

BACA JUGA : Hikmah Sholat 2 Rakaat Sebelum Subuh

Dari Umar bin Khatab Radhiyallahu ‘anhu, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam  bersabda,
Ketika muadzin mengumandangkan, Allahu akbar.. Allahu akbar. Lalu kalian menjawab: Allahu akbar.. Allahu akbar .Kemudian muadzin mengumandangkan, Asyhadu anlaa ilaaha illallaah..Lalu kalian menjawab, Asyhadu anlaa ilaaha illallaah.hingga akhir adzan siapa yang mengucapkan itu dari dalam hatinya maka akan masuk surga. (HR. Muslim 385, Abu Daud 527).(Ra)

Editor: Rady
    Bagikan:  


Berita Terkait