Google Doodle Hari Ini Tampilkan Gambar Marie Thomas, Siapakah Dia?

Kesehatan —Rabu, 17 Feb 2021 09:14
    Bagikan:  
Google Doodle Hari Ini Tampilkan Gambar Marie Thomas, Siapakah Dia?
Marie Thomas adalah Dokter Wanita Pertama di Indonesia (Foto: Google.com)

KITA tentu agak bingung kenapa Google Doodle hari ini menampilkan sosok dokter yang sedang menggendong bayi. Sosok dalam Google Doodle tersebut adalah Marie Thomas. Lalu, siapakah dia? Dia adalah dokter perempuan pertama Indonesia. Dia pula orangnya yang menjadi inspirasi dunia kebidanan Indonesia.

Jika kita bicara soal sejarah dunia kedokteran Indonesia, tentu tidak bisa lepas dari Sekolah Pendidikan Dokter Bumiputera atau School tot Opleiding van Indische Artsen (STOVIA). Sekolah yang telah terbukti melahirkan dokter-dokter mumpuni yang berjasa bagi dunia kedokteran yang karyanya masih bisa kita nikmati hingga sekarang.

STOVIA juga dikenal dengan nama Sekolah Dokter Hindia atau yang lebih dikenal sebagai Sekolah Dokter Jawa di Batavia. Sekolah ini banyak melahirkan tokoh pergerakan nasional, seperti Soetomo, Cipto Mangunkusumo, Wahidin Sudirohusodo, dan lain-lain.

BACA JUGA:  Berantas Buzzer Penyebar Hoax, Komisi 1 DPR akan Revisi Undang-undang ITE

Sejak secara resmi menjalankan fungsinya sebagai sekolah pada 1902, STOVIA tidak menerima murid perempuan. Hanya para murid laki-laki yang boleh mengenyam pendidikan dokter di sana. Namun seiring berjalannya waktu peraturannya pun perlahan berubah.

STOVIA dan NIAS (de Nederlandsch Indische Artsenschool) – Sekolah kedokteran di Surabaya yang berdiri pada 1912 – kemudian membuka kesempatan bagi siswa perempuan untuk mendaftarkan dirinya di sekolah pendidikan dokter.

Namun sayang, kaum perempuan masih dipersulit dengan beberapa hal seperti membayar biaya pendaftaran dan menanggung biaya hidup mereka sendiri. Hal ini berbanding terbalik dengan kaum laki-laki yang sepenuhnya dibiayai oleh pemerintah.

BACA JUGA:  Tempat Hiburan Kerap Langgar Perwal PSBB Proporsional, Pemkot Bandung Siapkan Operasi Senyap

Sebagai orang Minahasa, Marie Thomas ikut serta dalam Persatuan-Minahasa yang tersebar di banyak daerah di Indonesia. Di perantauan, sebagai ahli kebidanan, ia ikut mendidik para bidan di Sumatra. Kiprahnya itu membuat ia menjadi tokoh masyarakat yang dihormati. Pada tahun 1950, Marie mendirikan sekolah kebidanan di Bukittinggi, yang merupakan sekolah kebidanan pertama berdiri di Sumatera, dan kedua di Indonesia.

Semua sepak terjang Marie Thomas pun harus terhenti pada tahun 1966, karena pada tahun itu Marie Thomas wafat, pada usia 70 tahun karena pendarahan otak secara tiba-tiba. Hingga akhir hayatnya ia tetap mendedikasikan dirinya dalam dunia kedokteran dan pendidikan kebidanan. Semua jasa dan kontribusinya dalam dunia kesehatan kala itu menjadi inspirasi banyak orang, meski tidak banyak yang mengenal namanya sebagai perempuan Indonesia pertama yang menjadi dokter. (ES)

 

Editor: Edi
    Bagikan:  


Berita Terkait