Porto Bungkam Juventus, Pada Leg Pertama Babak 16 Besar

Sepak Bola —Kamis, 18 Feb 2021 08:54
    Bagikan:  
Porto Bungkam Juventus, Pada Leg Pertama Babak 16 Besar
(Foto: youtube.com)

Babak 16 besar Liga Champions yang dimainkan di Estadio do Dragao, Porto, Portugal pada Rabu waktu setempat atau Kamis (18/2/2021) dini hari WIB, berakhir dengan dibungkamnya Juventus oleh tuan rumah FC Porto dengan skor 1-2 pada pertandingan leg pertama.

Keunggulan Porto dibuka melalui gol Mehdi Taremi saat pertandingan baru berjalan dua menit, dan disusul oleh gol Moussa Marega yang berhasil menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-46. Sepanjang berjalannya pertandingan, perjuangan Juventus tidak bisa membuahkan hasil hingga menjelang akhir pertandingan. Namun pada menit akhir, Federico Chiesa berhasil memperkecil ketertiggalan dengan mencetak gol pada menit ke-82.

Pada awal memulai pertandingan Juve tampil sangat buruk. Upaya Rodrigo Bentancur untuk mengirim operan kepada Wojciech Szczesny justru membuat bola dapat disambar oleh Taremi yang berada di belakangnya untuk dimasukkan ke gawang tim tamu.

Tah hanya itu, masalah bagi Juventus pun bertambah ketika Giorgio Chiellini harus ditarik keluar lapangan akibat cedera betis saat laga baru berlangsung 35 menit. Pelatih Andrea Pirlo memasukkan Merih Demiral untuk menggantikan sang kapten.

Penjaga gawang Porto, Agustin Marchesin baru harus bekerja keras menjelang turun minum, saat ia menepis tendangan salto Adrien Rabiot. Meski demikian, posisi Rabiot telah terlebih dahulu berada dalam posisi offside.

Setelah turun minum, gawang Juventus kembali kemasukan. Diawali laju Wilson Manafa yang berlari pada sisi kanan, untuk kemudian mengirimkan bola kepada Marega. Marega dikelilingi oleh para pemain bertahan Juventus, namun ia masih dapat melepaskan sepakan masuk ke gawang tim tamu.

Harusnya Porto bisa unggul tiga gol saat Sergio Oliviera berlari menuju bagian tengah kotak penalti Juventus, dan sepakannya dapat digagalkan Szczesny.

Pirlo kemudian memasukkan Alvaro Morata, namun bendera offside telah terangkat saat Szczesny menepis sepakan Corona. Di sudut yang lain, Bentancur dan Danilo melepaskan tembakan melambung dari jarak jauh.

Tuan rumah kembali mendapat peluang bagus saat sundulan Marko Grujic melebar.

Namun, Juve akhirnya mampu menciptakan peluang dan memanfaatkannya untuk menjadi gol balasan ketika Rabiot mengirimkan umpan dari sisi kiri dan menyodorkannya untuk disepak Chiesa dan menjadi gol.

Terciptanya gol tersebut pun merupakan hal yang berharga bagi Juventus karena merupakan gol tandang, sekaligus untuk pertama kalinya Porto kemasukan gol di kandang pada Liga Champons musim ini.

Gol itu juga mengakhiri rentetan lima clean sheet di seluruh kompetisi secara keseluruhan. Kedua tim akan memainkan pertandingan leg kedua, dengan status Juventus menjadi tuan rumah pada 10 Maret mendatang. (ES)

 

Editor: Edi
    Bagikan:  


Berita Terkait