Awas! Jangan Sering Main Handphone Sebelum Tidur, Ini Bahayanya

Kesehatan —Kamis, 18 Feb 2021 12:43
    Bagikan:  
Awas! Jangan Sering Main Handphone Sebelum Tidur, Ini Bahayanya
(Foto: unsplash.com)

 POSKOTA JABAR


Awas! Jangan Sering Main Handphone Sebelum Tidur, Ini Bahayanya

Dewasa ini Handphone sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian masayarakat. Beragam aktivitas yang kita lakukan seakan tak bisa terleapas dari benda satu itu. Bahkan disaat akan tidur pun kita masih saja ketergantungan dengan Handphone.

Baca Juga : Profil Yuni Purwanti Kusuma Dewi, Polisi Cantik Pemberantas Narkoba Hingga Jadi Pemakai Narkoba


Bermain Handphone sebelum tidur adalah kebiasaan yang sangat sulit untuk dihilangkan bagi sebagian orang. Walaupun sedang tidak ada tujuan yang terlalu penting, main Handphone sebelum tidur seakan sudah menjadi candu tersendiri bagi sebagian orang. Hal ini tentunya tidak baik jika dilakukan terus menerus karena efek yang ditimbulkan bisa mengganggu kesehatan tubuh.

Jadi sebelum tubuh kita mendapat efek negatif akibat terlalu sering bermain Handphone sebelum tidur, ada baiknya kita simak 3 tanda bahayanya, agar kelak kita tak lagi melakukan kebiasaan buruk ini.

Kelelahan Otak

Lazim terjadi, ketika kita asik bermain handphone sebelum tidur, kita akan lupa waktu dan melewati jam tidur. Hal tersebut akhirnya akan membuat otak menjadi lelah. Akibatnya, ketika esok hari kita beraktivitas, kita akan kesulitan melakukannya ataupun tidak konsentrasi. Dan itu semua terjadi dikarenakan kurang tidur dan otak masih lelah untuk beraktivitas.

Baca juga : Asal Muasal Kerupuk di Indonesia, Penganan yang Setia Menjadi Teman Makan


Kerusakan Mata

Tanda bahaya selanjutnya, ialah kerusakan mata. Tanda ini merupakan salah satu kerusakan yang cukup sering terjadi karena terlalu lama menatap layar handphone. Dimana, retina mata menjadi tegang. Dan jika terus menerus seperti ini, tidak menutup kemungkinan mata bisa ketarak. 

Baca Juga : Makanan Enak, Resep Spaghetti Sauce Carbonara


Depresi

Di dalam tubuh manusia, ada hormon melatonin yang diproduksi tubuh untuk memberikan tidur nyenyak. Tetapi, jika hormon tersebut sudah terganggu, tentunya akan menyebabkan kita menjadi kurang tidur. Jika kita sering bermain handphone sebelum tidur bahkan sampai larut malam, bukan tidak mungkin kita akan mengalami depresi. Itu bisa terjadi karena adanya tekanan. Ya, seperti tekanan kurang tidur contohnya.

 

Editor: Edi
    Bagikan:  


Berita Terkait