Kakak Asuh Program Pemuda Peduli Untuk Saling Mengasihi

Gaya Hidup —Kamis, 18 Feb 2021 14:09
    Bagikan:  
Kakak Asuh Program Pemuda Peduli Untuk Saling Mengasihi
Volunteer Pemuda Peduli tengah mengajari seorang anak di desa binaan membaca melalui media buku dongeng anak-anak dalam kegiatan Direct Teaching di desa binaan pada (2019)

POSKOTAJABAR, BANDUNG

Kakak Asuh Program Pemuda Peduli Untuk Saling Mengasihi ,- Pasal 27 ayat (2) UUD NRI 1945, menyebutkan bahwa, “Tiap-tiap warga Negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan”. Ayat tersebut memuat pengakuan dan jaminan bagi semua orang untuk mendapatkan pekerjaan dan mencapai tingkat kehidupan yang layak bagi kemanusiaan.Namun bagaimana dengan mereka yang kurang beruntung dan belum memiliki taraf kehidupan yang layak?. Keresahan pemikiran ini pula yang dirasakan oleh Yayasan Pemuda Peduli, sebuah NGO yang bergerak fokus dalam bidang pendidikan karakter, kerelawanan, dan juga aktivasi anak muda.


BACA JUGA : Kapolda Jabar Achmad Dofiri Prihatin Kapolsek Yuni Purwanti Terlibat Narkoba

            “Kakak dan Orangtua Asuh”, merupakan salah satu trobosan yang dilakukan Pemuda Peduli guna mendukung pemerataan pendidikan ke daerah 3T (Terdepan, Terpencil, Terpelosok). Program ini sendiri berada dalam naungan satu dari tiga program utama Yayasan Pemuda Peduli, Yaitu program Bina Desa. Program “Kakak dan Orangtua Asuh” sendiri adalah sebuah program dimana Yayasan Pemuda Peduli mengajak masyarakat untuk mendonasikan hartanya untuk mendukung pendidikan di desa dan juga Penerima Beasiswa (Youth Scholarship) yang ada dalam naungan Yayasan Pemuda Peduli.Gerakan ini nantinya akan dikelola oleh Orang Tua Asuh dan Yayasan Pemuda Peduli untuk mengadakan kegiatan pendidikan alternatif untuk anak-anak di daerah binaan dan juga pembiayaan kuliah serta pembinaan penerima beasiswa. Harapan dengan adanya Program Kakak Asuh dan Orangtua Asuh ini adalah terbantunya keberlangsungan pendidikan di desa binaan.


BACA JUGA : Profil Yuni Purwanti Kusuma Dewi, Polisi Cantik Pemberantas Narkoba Hingga Jadi Pemakai Narkoba


Kakak Asuh Program Pemuda Peduli Untuk Saling Mengasihi  “Semoga dengan adanya Program ini bagi mereka yang kurang beruntung dapat menjadikan anak-anak tersebut menjadi generasi penerus yang baik dan bermanfaat untuk orang banyak. Juga menjadi penyemangat belajar mereka dengan adanya dukungan yang diadakan melalui ‘Kakak Asuh dan Orangtua Asuh’ ini” Ungkap beberapa donator yang ada dalam program ini.


Anak-anak desa binaan bersama Volunteer Pemuda Peduli tengah berfoto dengan hasil karya mereka dalam kegiatan Direct Teaching yang diadakan didalam Program “Kakak Asuh” pada (2019)


Donasi dilakukan rutin per bulan sesuai dengan paket donasi pendidikan yang dipilih selama 6 bulan. Dana yang terkumpul selanjutnya akan disalurkan melalui program Bina Desa Yayasan Pemuda Peduli.Program ini terdapat di 3 desa binaan dibawah naungan Yayasan Pemuda Peduli. Diantaranya Desa Ciberes Kabupaten Subang dan juga Dua desa binaan Yayasan Pemuda Peduli lainnya yang berada di Kabupaten Bandung yaitu Desa Cicangkang Hilir dan juga Desa Sirnajaya.Di tahun 2021 ini, Program “Kakak dan Orangtua Asuh” Sudah memasuki tahun ke empat dengan penerima manfaat sebanyak 71 orang yang tersebar di 3 desa tersebut. Beberapa kegiatan yang ada di dalam program “Kakak Asuh dan Orangtua Asuh” Diantaranya adalah Direct Teaching, Para volunteer dan juga donator program ini diajak terjun langsung ke desa binaan untuk memberikan pembelajaran secara langsung, juga adanya Virtual Teaching yang merupakan pembelajaran jarak jauh yang diberikan dari volunteer kepada anak-anak desa binaan Yayasan Pemuda Peduli.  ( ALWY )


Editor: Rani R
    Bagikan:  


Berita Terkait