Tim Gabungan Tindak 60 Pelanggar Protokol Kesehatan Covid-19 di Pangandaran

Jawa Barat —Kamis, 18 Feb 2021 17:24
    Bagikan:  
Tim Gabungan Tindak 60 Pelanggar Protokol Kesehatan Covid-19 di Pangandaran
Salah satu warga pelanggar protokol kesehatan terjaring operasi yustisi karena tidak mengenakan masker (foto: dry)
POSKOTAJABAR,PANGANDARAN
Sebanyak 60 warga dikenakan sanksi saat razia yang dilakukan tim gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Kamis (18/02/2021).

Operasi yustisi yang dilaksanakan di Bunderan Ikan Marlin itu sesuai dengan instruksi Bupati No.1 Tahun 2021 tentang pengetatan wilayah guna mencegah dan meminimalisir penyebaran Covid-19.

Kapolres Ciamis AKBP Hendria Lesmana mengatakan, operasi yustisi ini dilaksanakan untuk memastikan pelaksanaan penerapan protokol kesehatan disalah satu titik keramaian di wilayah objek wisata Pantai Pangandaran. 

"Operasi yustisi sebagaimana tindak lanjut dari penerapan Instruksi Bupati Nomor 1 Tahun 2021 tentang pengetatan wilayah," ujarnya, Kamis (18/02/2021).


BACA JUGA : Kesandung Narkoba, Kompol Yuni Dimutasi ke Pamen Yanma Polda Jabar


Kata Hendria, mereka yang bertugas juga tidak hanya mengecek penerapan protokol kesehatan saja, tetapi juga menyampaikan imbauan 5M. Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan.

"Itu semua dilakukan guna mengantisipasi dan meminimalisir penyebaran virus corona khususnya di wilayah hukum Polres Ciamis," katanya.

Selama kegiatan, lanjut dia, petugas gabungan juga menindak sebanyak 60 orang warga yang pelanggar protokol kesehatan dengan teguran lisan dan sanksi fisik berupa push up.

"Sebanyak 20 orang dari mereka diberikan sanksi fisik dan sosial karena tidak membawa dan menggunakan masker, sedangkan sisanya diberikan teguran lisan karena tidak menggunakan masker secara baik dan benar," sebutnya.




Dia meminta kepada petugas yang sedang bertugas untuk menyampaikan imbauan dan penertiban penerapan instruksi Bupati Nomor 1 Tahun 2021 agar mempersiapkan untuk diri sendiri terlebih dahulu sebelum memberikan contoh kepada masyarakat. 
"Upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 dimulai dari kedisiplinan diri sendiri, keluarga, orang disekitar dan masyarakat luas," imbau Hendria. (dry)




Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait