Tampilkan Adegan Dewasa, Sinetron Buku Harian Seorang Istri Ditegur KPI

Gaya Hidup —Jumat, 19 Feb 2021 14:59
    Bagikan:  
Tampilkan Adegan Dewasa, Sinetron Buku Harian Seorang Istri Ditegur KPI
Adegan dalam buku harian seorang istri - Youtube-/ist

POSKOTAJABAR, BANDUNG

 

Beredar isusinetron Buku harian seorang istri yang diperankan oleh Zoe dan Cinta Brian meniru Sinetron Ikatan Cinta.  Kini Komisi Penyiaran Indonesia ( KPI) Pusat menjatuhkan sanksi pada sinetron Buku Harian Seorang Istri yang tayang di SCTV karena ada adegan dewasa. Sanksi administrasi berupa teguran tertulis dijatuhkan KPI pada Jumat (11/2/2021).

 BACA JUGA : Diselingkuhi Ayus Sabyan Hingga Keempat Kalinya dengan Nissa Sabyan, Ririe Putuskan untuk Bercerai

KPI menemukan adegan dalamsinetron Buku Harian Seorang Istri melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) KPI tahun 2012. Wakil Ketua KPI Pusat Mulyo Hadi Purnomo mengatakan, adegan tersebut telah melanggar aturan tentang penghormatan terhadap nilai dan norma kesopanan serta kesusilaan yang berlaku. 

 Selain itu, tayangan tersebut dianggap mengabaikan kepentingan anak dalam setiap aspek produksi siaran.Dilansir dari media sosial Instagram resmi KPI @kpipusat, pelanggaran itu terpantau KPI Pusat pada 30 Januari 2021 pukul 19.34 WIB.

 BACA JUGA : Sinopsis Ikatan Cinta Jumat 19 Februari 2021, Demi Uang 1 Miliar Mateo Hianati Elsa, Al dan Andin Berikan Adik untuk Reyna

Dalam sinetron tersebut terpantau ada adegan seorang pria dan wanita di atas ranjang dalam posisi bertindihan dan saling bertatap mata (wanita di atas, pria di bawah). Kemudian, berguling bergantu posisi sebaliknya.

Meski konteks cerita menunjukkan mereka adalah sepasang suami istri, kata Mulyo Hadi, adegan tindih-tindihan dengan kesan yang dibangun tidak patut ditonton oleh anak-anak dan remaja. 

Menurut keterangannya, sebanyak 8 Pasal dalam P3SPS KPI telah dilanggar oleh sinetron Buku Harian Seorang Istri yang tayang di SCTV.

BACA JUGA : Mama Rossa Tanyakan Pembunuhan Roy, Aldebaran Ungkap Ini, Ikatan Cinta Malam Ini

Mulyo Hadi mengatakan bahwa larangan ini menegaskan bahwa anak dan remaja harus dilindungi dari perilaku yang tidak pantas dalam siaran.

Dalam muatan tersebut ada monolog batin seorang pria tersebut, “tetapi kekerasan hatiku, kebencianku membuat kita sampai sekarang belum melalui malam pertama kita.” KPI menemukan muatan serupa yang melanggar aturan P3SPS di sinetron tersebut pada 29 Januari 2021, 1, 2, dan 4 Februari 2021.-RES

BACA JUGA : Tampilkan Adegan Dewasa, Sinetron Buku Harian Seorang Istri Ditegur KPI

 

Editor: Resti
    Bagikan:  


Berita Terkait