Turnamen Piala Menpora 2021 Menjadi Uji Coba Bagi PSSI Untuk Bisa Dapat Izin Polri Selenggarakan Liga 1 dan Liga 2

Sepak Bola —Jumat, 19 Feb 2021 21:37
    Bagikan:  
Turnamen Piala Menpora 2021 Menjadi Uji Coba Bagi PSSI Untuk Bisa Dapat Izin Polri Selenggarakan Liga 1 dan Liga 2
Menpora Zainudin Amali menyerahkan surat izin penyelenggaraan Turnamen Pramusim Piala Menpora 2021 kepada Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan/ (Kemenpora.go.id)

POSKOTAJABAR, JAKARTA. 

Turnamen Pramusim yang berjuluk Piala Menpora 2021 dan akan digelar 20 Maret - 25 April 2021 tampaknya akan menjadi uji coba bagi PSSI. Jika turnamen ini terjaga dengan baik, tidak terjadi apa-apa dan tidak menimbulkan kluster sepak bola pada pandemi Covid-19 ini, maka kemunginan izin pelaksanaan Liga 1 dan Liga 2 juga akan diberikan oleh pihak kepolisian. Namun, jika turnamen pramusim ini menimbulkan banyak kasus positif Covid-19, maka pihak Polri bisa tidak mengizinkan penyelenggaraan Liga 1 dan Liga 2.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali,  saat menyerahkan izin tertulis penyelenggaraan turnamen pramusim kepada Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan,  mengatakan, zin yang dikeluarkan Polri, baru izin untuk penyelenggaraan turnamen pramusim.

BACA JUGA:  Untuk Menambah Kekuatan Tim, Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong Panggil Dua Pemain Baru

"Izin ini adalah izin untuk turnamen pramusim, jangka durasinya pendek. Namun, akan sangat sangat menentukan nasib kompetisi. Kalo turnamennya kita bisa jaga dengan baik, terlaksana sesuai dengan komitmen, dengan apa yang yang sudah dipersiapkan oleh pengelola turnamen, maka Insya Allah pihak kepolisian akan menurunkan lagi izin untuk kompetisi Liga 1 dan Liga 2," ungkap Menpora Zainudin Amali, Jumat (19/02/2021) di Jakarta.

Seperti diketahui, Menpora Zainudin Amali secara resmi menyerahkan izin tertulis penyelenggaraan turnamen kepada Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, pada Jumat (19/02/2021) di Jakarta.

Atas izin tersebut, Menpora berharap pecinta sepakbola di Indonesia tetap bisa menjaga komitmen yang sudah diberikan oleh pihak kepolisian pada gelaran turnamen Piala Menpora 2021 nanti.

"Pada masyarakat khususnya para pecinta sepak bola, ayo kita dukung tim tim kesayangan kita dari rumah saja nonton di TV saja. Jangan noton bareng dan jangan ada berkerumun," kata Menpora.

Menurut Menpora, jika semua bisa menjaga kepercayaan yang telah diberikan oleh pihak kepolisian, bukan tidak mungkin kompetisi Liga 1 dan 2 akan mendapat izin.

BACA JUGA:  Dapat Ijin dari Kapolri, Liga 1 2021 Siap Digelar

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan. Kata pria yang akrabdipanggil Iwan Bule itu, turnamen Piala Menpora 2021 adalah ajang ujicoba pertandingan dalam menerapkan protokol kesehatan sebelum menggelar kompetisi yang sesunggunya.

"Ini adalah ujicoba pihak kepolisian kepada federasi, apakah momen ini bisa dilaksanakan dengan sesuai protokol kesehatan atau tidak. Apabila nanti mungkin bisa berjalan dengan baik, benar, lancar, dan sesuai protokol kesehatan, maka Insya Allah izin Liga 1 dan Liga 2 kompetisi akan bisa bergulir kembali," ujarnya. (Cr04/tha)

Editor: Setiawan
    Bagikan:  


Berita Terkait