Selamat Ulang Tahun Kurt Cobain, Sang Legenda Musik Grunge dan 'The Godfather' Generasi X

Gaya Hidup —Sabtu, 20 Feb 2021 07:16
    Bagikan:  
Selamat Ulang Tahun Kurt Cobain, Sang Legenda Musik Grunge dan 'The Godfather' Generasi X
Lewat Kurt Cobain, Nirvana menjadi salah satu band yang banyak dipuja oleh Generasi X kala itu (Foto: d.pinterest.com)

POSKOTA JABAR, BANDUNG

Bagi kita yang tumbuh dan besar di era tahun 90-an tentu tak asing lagi dengan sosok musisi satu ini. Pada awal tahun 90-an, Kurt Cobain dengan bandnya yaitu Nirvana, sukses mencuri perhatian dunia dengan karya-karya musiknya yang out of the box.

Pria bernama lengkap Kurt Donald Cobain ini lahir pada 20 Februari 1967, tepat hari ini 54 tahun yang lalu di Aberdeen, Washington, Amerika Serikat. Kurt bersama bandnya, Nirvana berhasil mempopulerkan genre musik Grunge di Amerika Serikat pada awal tahun 90-an. Dimana album kedua mereka dengan judul ‘Nevermind’ yang dirilis tahun 1991 meledak di pasaran dan sukses membawa Nirvana ke puncak popularitas dalam karir bermusik mereka.

Atas kesuksesan album Nevermind ini Nirvana menjadi salah satu band yang banyak dipuja oleh Generasi X kala itu. Bahkan, Kurt Cobain dianggap sebagai Bapak dari Gen X ini sendiri. Namun, Kurt merasa bahwa pesan dan visi artistik yang ingin ia sampaikan sering disalahartikan oleh media dan publik yang kemudian malah membuatnya stres dan depresi.

BACA JUGA: Hari Ini 16 Februari 2021, Selamat Ulang Tahun "The Doctor" Valentino Rossi, Si Legenda Hidup MotoGP

Hal itulah yang kemudian jadi pemicu, Kurt mulai sering menggunakan obat-obatan, terserang penyakit, dan depresi. Dan puncak dari ini semua adalah, pada 8 April 1994, Kurt Cobain ditemukan tewas di Seattle, Washington, Amerika Serikat. Ia diduga melakukan aksi bunuh diri dengan menembakan senjata api pada dirinya sendiri.

Seorang teknisi listrik bernama Gary Smith datang ke rumah Kurt yang terletak di 171 Lake Washington Blvd untuk memasang sistem keamanan rumah. Saat melongok ke dalam rumah, Smith melihat sosok yang mengenakan celana jeans biru dan sepatu Converse All-Star terbaring di lantai.

"Awalnya kupikir itu manekin. Setelah kulihat lebih jelas, ternyata itu mayat. Aku bisa melihat darah dan sepotong telinga dan senjata api tergeletak di dadanya," Ungkap Smith.

Polisi pun datang lalu berita meninggalnya Kurt pun ramai tersebar. Tak ayal kabar ini menggemparkan dunia musik dunia. Kurt bunuh diri di usia yang masih amat muda, yaitu 27 tahun. Kematiannya pun mengokohkan mitos para musisi legendaris yang meninggal di usia 27.

BACA JUGA: Pemain Persib Bandung Ardi Idrus Merayakan Ulang Tahun, Ini Harapannya!

Setelah melakukan otopsi, polisi menyatakan bahwa Kurt Cobain menyuntikkan heroin dengan dosis mematikan sebelum bunuh diri. Tanggal kematiannya ditetapkan pada 5 April 1994. Dan dua hari setelah tubuh Kurt Cobain ditemukan, sekitar 5000 anak muda berkumpul di Seattle dan melakukan aksi menyalakan lilin untuk menghormati sang legenda.

Kematian Kurt yang sedang berada di puncak popularitasnya ini ternyata menyisakan banyak misteri. Bahkan para penggemarnya merasa tak rela Kurt meninggal dengan cara seperti ini. Banyak forum penggemar Kurt Cobain yang mendiskusikan tentang teori konspirasi dalam kasus kematian idolanya ini. Mereka menemukan banyak kejanggalan dalam kasus kematian Kurt ini. Salah satunya terkait dosis heroin yang disuntikkan ke dalam tubuh Kurt.

Jika Kurt Cobain menyuntikkan dosis heroin tiga kali lebih banyak dari dosis mematikan, apakah ia bisa mengangkat shotgun dan menembak dirinya sendiri?. Pertanyaan semacam itu terus berkecamuk di dalam pikiran para penggemarnya
, bahkan hingga saat ini.

BACA JUGA: Dua Pemain Persib Bandung Berharap Ada Turnamen Pramusim, Menunggu Pastinya Kompetisi

Pasca meninggalnya Kurt Cobain, musik grunge dan rock alternatif dari Seattle pun kemudian perlahan memudar. Nirvana pun bubar. Dua personil Nirvana yang lain pun menjalani mimpinya masing-masing. Krist Novoselic pemain bass dari Nirvana kemudian menjadi aktivis dan politisi sembari tetap bermain musik. Dan sang penabuh drumm, Dave Grohl membuat band Foo Fighters dan menjadi rockstar yang disegani hingga hari ini.

Courtney Love istri dari Kurt Cobain pun tak pernah terlihat lagi bermain musik bersama bandnya ‘Hole’ sejak sang suami meninggal. Anak mereka, Frances Bean Cobain, kemudian menjadi model dan seniman. Belakangan, ia tercatat menjadi produser eksekutif di film dokumenter tentang mendiang ayahnya yang berjudul Kurt Cobain: Montage of Heck (2015).

Kurt Cobain sendiri tak benar-benardilupakan. Namanya terus dikenang sebagai salah satu musisi terbaik sepanjang masa. Pencapaiannya bersama Nirvana, juga sikap personalnya, terus mengilhami banyak orang hingga hari ini. (ES)

BACA JUGA: Sinopsis Drama Korea Sisyphus: The Myth Eps 2 Sub Indo, Apa Isi Koper Hitam yang Di Buka Han Tae Sul?

Editor: Edi
    Bagikan:  


Berita Terkait