Tingkat Kesadaran Masyarakat untuk tidak Membuang Sampah Sembarangan Masih Kurang

Jawa Barat —Sabtu, 20 Feb 2021 12:09
    Bagikan:  
Tingkat Kesadaran Masyarakat untuk tidak  Membuang Sampah Sembarangan Masih Kurang
Para Pencinta Lingkungan membersihkan sampah di Sungai Ciwulan Kota, Kab. Tasikmalaya. (foto:ist)
POSKOTAJABAR, TASIKMALAYA.
Tingkat kesadaran  masyarakat  untuk  tidak membuang sampah  sembarangan masih kurang. Padahal ini yang akan menyebabkan banjir dimana-mana. Relawan Kader Konservasi Sungai yang tergabung dalam Komunitas Republik Aer Tasikmalaya melakukan kegiatan peduli lingkungan dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional dan Hari Pers Nasional yang jatuh pada tanggal 21 Februari 2021.

Sekertaris Daerah Kota Tasikmalaya, Ivan Diksan mengapresiasi kegiatan peduli lingkungan ini. "Banyak kejadian yang ditimbulkan akibat sampah dan lahan kritis yang menjadi bencana banjir yang kerap melanda sejumlah wilayah di Jawa Barat," ungkapnya, Sabtu(20/02/2021)

Menurutnya, saat ini, kesadaran membuang sampah masih kurang, seharusnya masyarakat harus sadar akan bahaya membuang sampah sembaragan seperti halnya yang terjadi di Kerawang, Bekasi, Cirebon, Subang dan Maajalengka.

 
Sementara itu, Presiden Republik Aer, Harniawan Obech mengungkapkan , penanganan masalah sampah merupakan masalah  bersama dan jangan jadi aksi pecitraan saja, ini perlu dilakukan secara masif dan ini perlu dilakukan aksi bersama.

"Karena merupakan salah satu kunci utama dari permasalahan sampah, kita perlu membangun tatanan budaya di masyarakat, dan kitapun harus memahami makna dari sungai ,"katanya.
Di Hari Peduli Sampah dan Hari Pers Nasional  pihaknya  melakukan aksi nyata bersama dengan melakukan kegiatan kerja bakti, tidak membuang sampah sembarangan, dan penamaman pohon di bantaran sungai,.
"Kegiatan ini merupakan langkah kecil yang bisa membantu dalam mengurangi masalah sampah yang ada di sungai Ciwulan," pungkasnya. (Kris)

Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait