La Nyalla, "Alhamdulillah Akhirnya Sepak Bola Jalan Lagi!"

Sepak Bola —Sabtu, 20 Feb 2021 20:34
    Bagikan:  
La Nyalla,
Ketua DPD RI, La Nyalla Mahmud Mattaliti, yang juga mantan Ketua Umum PSSI, bersyukur sepak bola mendapat izin Polri untuk melakukan turnamen pramusim. (rmco)

"ALHAMDULILLAH, akhirnya sepak bola kita bisa berjalan lagi," begitu kalimat pertama yang meluncur dari Ketua DPD-RI, Ir. La Nyalla Mattalitti, saat ditanya soal terbitnya izin kegiatan untuk PSSI menggelar Pramusim.

Sebelumnya, berulang kali PSSI mengajukkan izin keramaian untuk melanjutkan kompetisi Liga-1, ditolak dengan alasan pandemi. Dan terakhir melalui Menpora, Zainudin Amali, izin dikeluarkan oleh Polri.

Masih kata LNM, begitu sapaan akrabnya, semuanya harus disikapi dengan baik. "Dengan begitu, maka seluruh pemain dan keluarganya bisa kembali menjalankan kehidupannya," katanya lagi.

BACA JUGA:  Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts Akan Melakukan Regenerasi di Tubuh Timnya

Meski demikan, LNM yang juga mantan Ketua Umum PSSI 2015-2016, mewanti-wanti agar seluruh persyaratan dipatuhi. "Ini 'kan uji coba, jadi jangan sampai ada yang dilanggar. Tujuan utamanya 'kan bukan ini, tapi kompetisi. Pokoknya patuhi deh, insya Allah izin kompetisi juga bisa keluar," lanjutnya.

Secara khusus LNM memberikan apresiasi yang sangat tinggi pada upaya Menpora Zainudin Amali. "PSSI itu harus bersyukur punya Menpora seperti beliau. Jangan khianati kebaikan dan keseriusannya dalam membantu sepak bola," ujar Ketua DPD-RI ini.

LNM melanjutkan, di eranya dulu, PSSI berhadap-hadapan dengan Menpora, padahal ia mengaku sangat dekat dengan Imam Nahrawi. Tapi karena situasi dan kondisi, maka keduanya seperti musuh yang saling berhadap-hadapan. "Cukup saya saja yang jadi korban dulu."

Bagi La Nyalla, peran Menpora saat ini jelas untuk membantu PSSI, sikapi itu dengan benar. "Menpora itu saudara saya sesama dari Jatim, dan saya tahu betul beliau sungguh-sungguh mau membantu sepak bola. Makanya, hentikanlah perbuatan-perbuatan.yang merugikan sepak bola itu sendiri. Zaman sudah berubah, kalau tidak berubah juga, terlalu namanya. Pokoknya saya ingatkan, jangan khianati dia!" tegas LNM.

Ya, diakui atau tidak, izin kegiatan bagi PSSI dibetikan Kapolri baru Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo karena peran Menpora. Tanpa peran Menpora, bisa dipastikan izin belum tentu bisa dikeluarkan.

Buktinya,  surat tersebut diserahkan oleh Kapolri lanfsung ke Menpora, bukan ke PSSI. Setelah itu, baru PSSI menerimanya dari Menpora, Jumat (18/02/2021).

BACA JUGA:  Tak Terlihat Kehadiran Parpol di Tengah Korban Bencana

Sebagai Ketua para Senator, LNM juga merasa sangat senang dengan bergulirnya sepak bola. Ia mengaku seringkali ditanyai oleh masyarakat saat melakukan kunjungan. LNM mengaku tidak mudah untuk menjawabnya. Apalagi, saat ini tugasnya jauh lebih berat dari Ketum PSSI.

Nah, dengan keluarnya izin, maka konsentrasinya mudah-mudahan tak akan terganggu lagi dengan urusan itu. Sebagai mantan Ketum PSSI, LNM juga berharap sepak bola Indonesia bisa maju. Semoga. (nang's)

Editor: Setiawan
    Bagikan:  


Berita Terkait