Dua Sungai Besar Meluap, Aktivitas di Perkotaan Kabupaten Karawang Lumpuh

Jawa Barat —Minggu, 21 Feb 2021 09:11
    Bagikan:  
Dua Sungai Besar Meluap, Aktivitas di Perkotaan Kabupaten Karawang Lumpuh
Luapan dua sungai di Karawang merendam penukiman warga. (foto:ist)

POSKOTAJABAR, KARAWANG.
Dua sungai besar yang melintasi Karawang yakni Citarum dan Cibeet meluap. Akibatnya, wilayah di perkotaan Kabupaten Karawang terendam banjir dan aktivitas lumpuh. Aliran listrik juga dipadamkan sejak sore hari, Sabtu (20/02/2021).

Selain itu, jalan protokol juga tidak luput dari luapan  air. Adapun jalan utama yang terrendam banjir adalah Jalan Kertabumi, Jalan Arif Rahman Hakim atau Jalan Niaga dan Jalan Badami-Loji yang juga merendam pemukiman di sekitarnya.

"Banjir tahun ini lebih parah. Ketinggian air sampai ada yang menenggelamkan pemukiman warga," ujar Yudi Aditya, warga Poponcol sekitar alun-alun Karawang.

BACA JUGA : Seorang Wanita Ditemukan Tewas Setelah Meramal Kematianya Sendiri di Facebook, Bikin Merinding!


Lumpuhkan Akses Jalan

Sejak Jumat (19/02/2021) luapan Sungai Cibeet sudah melumpuhkan akses jalan Badami-Loji, dimana air dari Cibeet merendam jalan menuju Karawang Selatan ini. Hingga tadi siang, Sabtu (20/02/2021).  Kenaikan debit air Sungai Citarum juga meningkat signifikan dan akhirnya meluap, kemudian merendam pemukiman yang ada di sekitarnya.

"Meluapnya dua sungai itu membuat sebaran banjir merata di Kabupaten Karawang, khususnya di wilayah perkotaan," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang, Yasin Nasrudin.

Tidak hanya itu, perumahan-perumahan mewah di Karawang juga tak luput dari terjangan banjir. Tercatat, perumahan Grand Taruma, Galuh Mas dan Resinda juga kebanjiran.

"Sampai saat ini kami terus melakukan pendataan dan membangun posko untuk para pengungsi," terang Yasin.(asl)


Baca Juga :Saksi Yanti yang Menyerahkan Uang Suap Rp 425 Juta Mulai Diperiksa KPK

Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait